Harus Ada Merek Lokal Mampu Saingi Starbucks

Monday 12 Mar 2018, 8 : 46 pm

JAKARTA-Kementerian BUMN menginginkan brand (merek) nasional Indonesia, terutama kedai kopi garapan perusahaan BUMN bisa menyaingi peeusahaan kedai kopi terbesar dunia Starbucks. Karena itu diharapkan ada pengembangan merek ke depan dapat dilakukan bersama-sama dalam satu wadah.  “Targetnya jelas, paling tidak kita bisa menyaingi Starbucks,” kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang seusai menyaksikan penandatangan kerja sama antara Sarinah dan PTPN XII di Jakarta, Senin, (12/3/2018).

Menurut Ahmad Bambang, Kementerian BUMN mendorong sinergi BUMN untuk mewujudkan keinginan tersebut. Saat ini banyak BUMN yang memiliki merek yang cukup dikenal, namun hampir semuanya berdiri sendiri-sendiri. “Kita mulai punya brand nasional yang setara dengan Starbucks,” tambahnya

Bambang menuturkan saat ini banyak BUMN yang memiliki merek yang cukup dikenal, namun hampir semuanya berdiri sendiri-sendiri.

Contohnya adalah dengan merealisasikan kerja sama antara PTPN XII dengan Sarinah, di mana PTPN XII dan anak perusahaannya, Rolas Nusantara Mandiri, akan menyiapkan berbagai jenis kopi yang akan dijual di gerai kafe kopi “Cup of Java” yang dimiliki Sarinah maupun gerai-gerai Sarinah di bandara. Hasil produk kopi dan teh PTPN XII juga akan dipasarkan secara online melalui SarinahOnline.co.id guna memperluas pemasaran produk secara curah.

Lebih lanjut, Bambang juga menekankan pentingnya membangun merek dan menciptakan kreativitas dalam pengembangan usaha. Ia berseloroh ada kedai yang selalu ramai meski hanya menjual mie instan. Kedai tersebut bahkan hanya menyewa tempat, namun selalu dipadati pengunjung. “Silakan langsung eksekusi. Kopi Rolas nanti dibantu dengan manajemen Sarinah. Itu kopi mereknya PTPN, pabriknya banyak, produknya bagus. Tinggal ditambah kopi dari BUMN lain. Mumpung sekarang lagi gencar kopi Nusantara. Tidak perlu mahal, yang penting keunikan dan kreativitas,” ujarnya.

Direktur Utama PTPN XII Berlino Mahendra Santosa mengaku optimistis kerja sama kedua perusahaan pelat merah itu akan dapat meningkatkan citra produk dan memberi nilai tambah.

Sebagai perusahaan yang diklaim cukup kompeten dan ahli di sektor komoditas serta pengalaman dari hulu ke hilir, Berlino yakin peningkatan citra akan dapat mendorong daya saing produk mereka. “Kita punya kekuatan meski citra merek kita tidak sekuat yang muda. Tapi karena kita tidak hanya menjual produk tapi juga pengalamam, begitu dilahirkan pantang kita tutup. Kita yakin kita akan memenangi peperangan di consumer goods,” ujarnya

Don't Miss

Fahri Minta BPJS Ketenagakerjaan Transparan Soal Dana Investasi

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkestra), Fahri

Versi Survei FSI, Ternyata Ini Cagub Pilihan Warga Jakarta

JAKARTA-Pertarungan Babak final Pilkada DKI pada putaran kedua semakin menarik