Ibas Bantah Keterlibatan SBY

Tuesday 8 Nov 2016, 4 : 13 pm
by
Ketua FPD DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono

TRENGGALEK – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono membantah tudingan yang mengarahkan ke Presiden RI ke-VI, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) berada dibelakang aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh elemen bangsa beberapa waktu lalu.

Menurut Ibas, pasca reformasi, penyampaian pendapat di Indonesia lebih baik, demokratis dan semakin dewasa.

Karena itu, Ibas meminta agar tidak ada pihak yang mencederai kebebasan berekspresi rakyat Indonesia dengan komentar-komentar yang justru membingungkan rakyat seolah-olah ada yang mengatur.

“Kami yakin menyampaikan aspirasi, pendapat saat ini lebih bagus. Dan itu sudah dimulai sejak reformasi bergulir,” kata Ibas saat kunjungan kerja di Desa Sukorejo Kecamatan Tugu Trenggalek, dalam keterangannya, Selasa (8/11).

Selama 10 tahun kepemimpinan SBY jelasnya, tidak sedikit muncul yang berkaitan dengan protes, unjuk rasa atau demonstrasi.

“Dan hal tersebut sangat wajar, lumrah, sepanjang itu konstruktif dan dengan cara yang baik sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Menurutnya, demokrasi yang baik adalah yang bermartabat, beretika dan bermoral.

“Dalam konteks demokrasi tidak ada yang spesial, tidak ada yang sangat luar biasa dalam menanggapi unjuk rasa. Seharusnya pemerintah atau pihak-pihak lain malah mendukung dan menyambut baik masyarakat untuk berekspresi sepanjang tidak anarkis, tidak rusuh dan tidak merusak,” ungkapnya.

Putra SBY ini juga berpesan agar semua pihak menghormati golongan atau pihak tertentu.

Dalam kasus Ahok, menurut Ibas, seharusnya tidak perlu terjadi seorang pemimpin di DKI atau Ahok melukai pihak tertentu.

Hal itu diyakini Ibas tidak akan terjadi sepanjang semua pihak, termasuk para pemimpinnya menghormati empat pilar kebangsaan, yaitu UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Indonesia tetap teguh dalam menangani dampak kesehatan dari pandemi.

Menko Airlangga: Indonesia Bertekad Menjadi High-Income Country

JAKARTA-Indonesia dan Australia menyelenggarakan Economic, Trade, and Investment Ministers’ Meeting

Presiden: Jangan Takut Masuk Era Persaingan

LONDON-Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Indonesia untuk tidak perlu takut