Ibas Dorong Pelaku Usaha Mikro Manfaatkan Teknologi Pemasaran Online

Ibas Dorong Pelaku Usaha Mikro Manfaatkan Teknologi Pemasaran Online

0
BERBAGI
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudoyono

PACITAN-Anggota DPR RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudoyono atau akrab disapa Ibas menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi system informasi untuk mendukung promosi dan pemasaran produk-produk lokal Indonesia bisa bertahan dan berdaya saing. “Kita sudah memasuki era pemasaran produk secara digital, secara online. Tanpa memanfaatkan teknologi digital itu, pelaku UKM dan produk-produk karya daerah akan sulit bersaing dengan produk asing yang masuk ke dalam negeri,” ujar Ibas usai menggelar workshop UMKM di Gallery Jasmine Pacitan akhir pekan lalu.

Pada kesempatan ini, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Pacitan didorong untuk memasarkan produknya melalui internet. Tak tanggung-tanggung, Ibas secara langsung memboyong nara sumber pengelola situs penjualan online terbesar di Indonesia bukalapak.com, Andreas Budiyono untuk memberikan tutorial serta manfaat-manfaat lain penggunakan jasa situs pemasaran online. “Pemanfaatan teknologi informasi diharapkan akan meningkatkan daya saing produk dan memperluas jaringan pasar. Inilah harapan saya, mengangkat sektor UMKM daerah bisa menjadi motor penggerak ekonomi di daerah pelosok,” ujar Ibas yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI.

Menurutnya, menjual online menjadi pilihan yang tak terbantahkan bagi para pelaku usaha utamannya pelaku usaha mikro, karena sudah banyak produsen baik besar dan kecil  yang menggunakan penjualan online mampu bertahan dan bersaing di pasar dunia maya. “Memang sudah seharusnya pelaku usaha mikro sudah masuk ke pasar digital. Terlebih lagi bila ingin masuk ke pasar global,” ungkap Ibas berharap salah satu produk unggulan lokal Pacitan, Tahu Tuna bisa menjadi produk lokal yang dikenal dan laris secara nasional.