Ibas: UMKM Motor Penopang Ekonomi Nasional

50
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono/photo dok: sindo.net

TANGERANG-Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas menilai pentingnya agenda pemberdayaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu motor penopang perekonomian nasional. “Kita sebaiknya tidak bergantung pada penciptaan lapangan kerja oleh pemerintah semata. Masyarakat harus diberdayakan dan bina untuk mandiri membuka peluang usaha sendiri,” terang anggota Komisi 10 DPR RI ini di sela acara Workshop UMKM yang digelar Fraksi Partai Demokrat DPR RI di Gedung Olahraga Kota Tangerang, Minggu (19/6).

 

Ibas yang juga tengah giat mensosialisasikan RUU Kewirausahaan di Dapil VII Jawa Timur ini menambahkan, FPD berkomitmen menjadi motor penggerak agar pelaku UKM semakin giat dan produktif memanfaatkan potensi-potensi di daerah yang masih belum tergarap maksimal. “Memang perlu proses pembelajaran, perlu kegigihan, kreativitas, inovasi dan niat untuk bisa membina pelaku UKM. Inilah peran yang coba FPD ambil, mendorong sektor UKM menjadi sektor andalan daerah yang bisa menggerakkan geliat ekonomi lokal,” tambahnya.

 

Ditambahkan Ibas, begitu banyak potensi dan peluang yang bisa menjadi momentum pengembangan UKM di daerah-daerah penyangga DKI Jakarta. “Tangerang merupakan wilayah penyangga DKI Jakarta, Kota Industri yang bisa menjadi alternatif suplier produk-produk unggulan baik kuliner, fashion, aksesoris dan banyak lagi potensinya. Pasar yang terbuka luas di Jakarta sebaiknya dimanfaatkan,” jelas Ibas.

 

Ibas berharap, banyak pihak yang terus berkontribusi dan berperan mendorong sektor UKM bisa terus berkembang. Fraksi Partai Demokrat DPR RI, lanjut Ibas akan terus mengawal regulasi pengembangan UKM bisa secepatnya diimplementasikan dan dapat menjadi angin segar bagi wirausahawan baru. “Kita akan terus mendorong adanya regulasi yang pro perajin, pro pelaku UKM. Kita juga mengajak dunia usaha, akademisi, pemerintah pusat dan daerah memberikan perhatian yang besar untuk pengembangan sektor UKM,” tambah Ibas.

 

Seperti diketahui, workshop UKM yang digelar Fraksi Partai Demokrat DPR RI melalui Persaudaraan Istri Anggota (PIA FPD) menghadirkan CEO situs e-commerce blanja.com. Selain itu, acara turut dimeriahkan oleh artis Opick menghadirkan peragaan masak oleh Rudi Khoirudin.

 

Selain menggelar wokrshop UKM, FPD juga menggelar bakti sosial pasar sembako murah. Ribuan warga Tangerang yang memperoleh kupon sembako murah terpantau antusias memperoleh kesempatan mendapatkan paket sembako murah.