Ignasius Jonan Jadi Menteri ESDM

Ignasius Jonan Jadi Menteri ESDM

9
0
BERBAGI
Presiden Joko Widodo melantik Menteri ESDM, Ignaisus Jonan

JAKARTA-Teka-teki seputar nama menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya terjawab sudah. Presiden Joko Widodo secara resmi melantik mantan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan untuk mengisi kursi menteri yang kosong sekitar 2 bulan.  Sementara mantan Menteri ESDM Archandra Tahar dilantik sebagai Wakil Menteri ESDM. Pelantikan kedua pejabat ini dilakukan  di Istana Negara, Jumat (14/10).

Ignasius Jonan dilantik sebagai Menteri ESDM sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan pejabat sebelumnya Luhut B. Pandjaitan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 114P Tahun 2016 tentang Pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja dengan sisa masa jabatan 2014-2019, ditetapkan di Jakarta tanggal 14 Oktober 2016. Demikian juga dengan Archandra Tahar yang dilantik sebagai Wakil Menteri ESDM sisa masa jabatan 2014-2019 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 115P Tahun 2016 tentang pengangkatan Wakil Menteri ESDM tanggal 14 Oktober 2016.

Pengambilan sumpah jabatan pelantikan dilakukan langsung dihadapan Presiden.

Pengambilan sumpah jabatan didampingi oleh rohaniawan. Presiden Jokowi kemudian membacakan isi dari sumpah jabatan yang diikuti oleh Jonan sebagai Menteri ESDM dan Arcandra sebagai Wamen ESDM.

“Bersedia Saudara diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?” tanya Jokowi.

“Bersedia,” jawab Jonan dan Arcandara.

Keduanya lalu membaca sumpah janji dipandu Presiden Jokowi.

“Demi Tuhan saya berjanji/Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setiap kepada UUD, NKRI tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan ajan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab. Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela

Mendampingi Presiden dalam pelantikan itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri KLH Siti Nurbaya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menkumham Yasona Laoly, dan Jaksa Agung Prasetyo.