IHSG Berpotensi Lanjutkan Rally

Wednesday 4 Nov 2015, 12 : 54 pm
by

JAKARTA-Bursa AS kembali melanjutkan penguatannya semalam dan semakin dekat dengan posisi all time high-nya seiring sentimen positif dari lonjakan harga minyak membuat saham-saham sektor energy menguat signifikan. Sementara, treasury yield AS naik signifikan semalam seiring pasar mengantisipasi rilis data non-farm payroll di akhir pekan ini yang diekspektasikan membaik dari bulan sebelumnya sehingga memunculkan kembali spekulasi kenaikan Fed rate di bulan Desember.

Analis saham PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistainingsih mengatakan sejauh ini, 3Q15 earnings result emiten di AS cukup baik dengan sekitar 70% emiten merilis laba yang lebih baik dari ekspektasi. Hal ini berhasil menjaga sentimen positif di bursa AS dalam 2 pekan terakhir. Harga minyak melonjak 3.8% ke level US$47.7/barel setelah insiden force majeure di Libya dan demo sektor migas di Brazil. “Namun hal ini tidak diikuti harga komoditas lainnya seperti Nickel (-2.2%), Tin (flat) dan CPO (-0.9%),” ujarnya dalam riset hariannya di Jakarta, Rabu (4/11).

Menurutnya, IHSG kemarin kembali ditutup menguat 1.5% seiring penguatan nilai tukar Rupiah yang kembali ke kisaran level Rp13,560/US$. Hal ini terjadi di tengah posisi net-sell investor asing di saham-saham sektor perbankan yang justru menjadi leading movers kemarin. “Pagi ini mayoritas bursa Asia dibuka menguat terutama bursa Jepang yang melonjak sekitar 1.5% setelah libur di hari sebelumnya,” urainya.

IHSG sendiri diperkirakan akan kembali bergerak menguat seiring sentimen positif dari bursa global dan Rupiah yang kembali menguat pagi ini ke level Rp13,491/US.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

THR PNS, TNI, Polri dan Pensiunan Dicairkan Serentak 24 Mei

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, seluruh Kantor Pelayanan

Puan Dukung Kemajuan UMKM

JAWA TENGAH-Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi sejumlah Usaha Mikro