IKAPTIQ Dorong Syiar Islam Kembali Dikuatkan

Monday 21 Mar 2016, 3 : 40 pm
beritasulsel.com

JAKARTA-Kalangan DPR prihatin dengan perkembangan syiar Al Quran saat ini. Padahal, menurutnya, semangat mensyiarkan al Quran seharusnya lebih ramai dari konser musik. “Dahulu, kalau ada haflah tilawatil Quran itu orang-orang berbondong-bondong datang. Bahkan ramainya bisa melebihi konser dangdut,” kata anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Jazilul Fawaid dalam acara Musyawarah Nasional (munas) yang mendaulatnya menjadi ketua Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran (IKAPTIQ) di Jakarta, minggu 20.03.2016.

Menurut Cak Jazil, sapaan akrabnya, berkurangnya syiar Al Quran saat ini karena tidak ada pembibitan yang baik. Sehingga dalam event perlombaan yang biasa diadakan pemerintah semisal Musabaqoh Hifdzul Quran maupun Musabaqoh Tilawatil Quran pun kurang meriah.

Sebab itu, saat dirinya diminta memimpin korps alumni penghafal Quran tersebut, Ia pun menyatakan kesediaanya. “Saya bukan ketua, saya ingin sama-sama bekerjasama. Dan bekerjasama tentunya harus ada yang mengkoordinir, maka ketika diminta hal ini tentu saya bersedia untuk kita sama-sama mensyiarkan Al Quran,” imbuhnya di depan ratusan alumni PTIQ yang hadir dari berbagai daerah.

Jazil pun menegaskan, peran IKAPTIQ nantinya akan lebih menggemakan syiar Al Quran. “Kita bikin lagi gerakan maghrib mengaji untuk anak-anak kita, seperti tradisi kita dahulu. Juga, kita akan ada khataman Quran 30 juz setiap tiga bulan sekali,” imbuhnya.

Selain itu, PTIQ juga merupakan satu-satunya kampus di Jakarta yang telah mencetak banyak Sarjana yang hafal al Quran. Sejak didirikan pada 1971, pun banyak alumni yang telah berkiprah di masyarakat dengan berbagai profesinya di seluruh wilayah Indonesia. “Ini juga potensi besar. Alumni kita ada dimana-mana dan banyak memiliki jamaah di tempatnya masing-masing. Tentu ini menjadi peran penting para alumni dalam memfilter masuknya ideologi transnasional yang mengoyak keutuhan NKRI,” tukasnya.

Dalam acara Munas, juga diikuti penyerahan wakaf Al Quran dari Ketua IKAPTIQ sebelumnya, Mujib Rahmat. “Dengan wakaf ini, mari kita kuatkan kembali syiar Al Quran,” pungkas Mujib juga politisi senior Partai Golkar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pandemi Covid-19 Ancam Likuiditas Bank, Ini Rekomendasi Banggar DPR

JAKARTA-Badan Anggaran (Banggar) DPR menilai, pandemi Covid-19 akan menimbulkan potensi

BTN Antisipasi Penurunan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Bank Dunia

JAKARTA-Direktur Utama (Dirut) PT Bank Tabungan Negara atau BTN Maryono