Inalum Siap Gelontorkan USD 400 Juta Beli Saham Freeport

Wednesday 21 Oct 2015, 2 : 32 pm
by

JAKARTA-Rencana divestasi saham PT Freeport ternyata menarik minat PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini siap untuk membeli saham Freeport sebanyak 10,64 persen seharga USD 400 juta. Freeport sendiri berkewajiban untuk melepas sahamnya sebanyak 30 persen.

Demikian disebutkan Direktur Keuangan Inalum, Oggy A Kosasih, di Jakarta, Rabu (21/10). Menurutnya, pihak Inalum tengah mengkaji kemampuan kas internal perseroan senilai US$400 juta untuk divestasi tersebut. Apalagi aset perusahaan sendiri hingga kini mencapai US$1,3 miliar (unaudited).

Dengan dana tersebut, imbuhnya, memungkinkan bagi Inalum untuk mengambil saham divestasi Freeport melalui skema konsorsium BUMN. “Sementara ini, sebagai lead-nya adalah PT Antam (Persero) Tbk dan Inalum,” jelasnya.

Meski begitu, Oggy menyatakan, sejauh ini kajian Inalum belum sampai pada penetapan BUMN-BUMN yang akan terlibat dalam konsep konsorsium divestasi Freeport tersebut.

Untuk itu, langkah awalnya pihak Inalum akan menunjuk konsultan keuangan untuk menghitung nilai saham yang ditawarkan Freeport. “Tetapi kami juga menginginkan diberi keleluasaan memberikan penilaian, terkait apa yang ditawarkan Freeport,” jelas Oggy.

Namun demikian, dia berharap, aksi korporasi ini tidak mengganggu kinerja perseroan dalam jangka panjang. “Pasti nanti juga akan ada pinjaman dari perbankan untuk divestasi ini,” pungkasnya. (TMY)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Yellen Mengangkat Indeks Harga Saham

JAKARTA-Kemunculan Yellen, yang akan menjadi pengganti Bernanke sebagai Gubernur the

Ketemu Ganjar, Cicit Syech Abdul Qadir Al Jailani Sampaikan Kekagumannya pada Pancasila

LAMPUNG-Capres 2024, Ganjar Pranowo menghadiri Haul Akbar Syech Abdul Qadir