Indonesia Jadi Tuan Rumah World Islamic Economic Forum

Thursday 21 Jul 2016, 12 : 55 am
by
Menkeu usai Rapat Tebatas menjelaskan tentang World Islamic Economic Forum di Kantor Presiden, Jakarta (20/7)

JAKARTA-Indonesia akan menjadi tuan rumah dari World Islamic Economic Forum (WIEF)  ke-12, yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 2-4 Agustus mendatang. Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, WIEF ini mirip seperti World Economic Forum yang selalu diselenggarakan setiap bulan Januari di Davos, Switzerland. “Kalau World Economic Forum itu fokus kepada hampir semua jenis usaha bisnis sektor keuangan-sektor riil dan juga kegiatan-kegiatan lain yang bersifat networking, maka World Economic Forum fokus pada kegiatan usaha/kegiatan bisnis  keuangan yang terkait dengan dunia Islam,” jelas Bambang kepada wartawan usai Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/7) .

Menurut Menkeu, WIEF merupakan yayasan atau foundation yang didirikan di Malaysia, dan sudah membuat acara seperti ini, World Islamic Economic Forum, ntuk yang ke-12 kalinya berganti-ganti di setiap negara.

Ia mengingatkan, Indonesia pernah menjadi tuan rumah World Islamic Economic Forum pada 2009 lalu. Mengenai acara di Jakarta, Agustus mendatang, Menkeu menjelaskan, karena ini economic dan business forum, maka acara ini bermacam-macam. “Ada leaders forum yang akan melibatkan tentunya pimpinan negara atau pimpinan pemerintahan, ada panel menteri, ada eksibisi/pameran baik pameran bisnis, ada sesi-sesi yang terkait dengan seminar, ada sesi-sesi yang bersifat lebih kepada workshop atau pelatihan,” papar Bambang.

Ada juga yang sifatnya pertukaran ide, lanjut Menkeu, terutama kita ingin melibatkan pengusaha muda dan juga pengusaha UKM antar negara yang diharapkan bisa saling komunikasi, saling tukar-menukar pengalaman dan barangkali business opportunity, serta juga ada festival yang terkait dengan kesenian dan terutama yang didorong adalah hasil dari ide-ide kreatif atau ekonomi kreatif.

Menkeu menjelaskan, rencananya WIEF ini akan dihadiri sekitar 2500 peserta dari 60 negara, dari level pimpinan negara/pemerintahan, menteri , pimpinan perusahaan multinasional, akademisi, kemudian seniman, para pelaku usaha UKM, para pelaku usaha muda, dana juga tokoh masyarakat. “Untuk WIEF ke 12 ini, Decentralizing Growth, Empowering Future Business, ya yang paling penting adalah tadi empowering future business. Nah, sub temanya dari tema besar ini adalah pertama Islamic finance atau keuangan syariah,” jelas Bambang.

Presiden Joko Widodo ujarnya meminta agar mempromosikan besar-besaran Islamic fashion and design. “Untuk indonesia selain halal products, kita juga akan mulai perkenalkan halal tourism atau Moslem friendly tourism,” tambah Bambang.

Mengenai tamu negara, Menkeu mengaku sudah mendapat konfirmasi kehadiran 4 (empat) kepala negara atau kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat, yaitu PM Malaysia Datuk Najib Tun Razak, Presiden Republik Gunea di Afrika yaitu Alpha Conde’, PM Srilangka Ranil Wickremesinghe, dan Presiden Tajikistan Emomali Rahmon. “Jadi mereka ini akan hadir dan tentunya akan ada sesi khusus dengan Bapak Presiden di samping tentunya akan menghadiri Gala Dinner,” jelas Bambang.

WIEF menurut Menkeu agar dibuka oleh. Presiden Joko Widodo pada 2 Agustus mendatang.  “Presiden akan menyampaikan key note sekaligus membuka acara ini dan disambung dengan pidato-pidato dari pemimpin negara atau pemerintahan yang lain,” pungkas Bambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

TPDI Minta Bareskrim Polri Tetapkan Budiman Gandi Suparman Dalam DPO

JAKARTA-Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Selestinus meminta Bareskrim

Pemkot Tangsel Masih Hitung Biaya Operasional Tim Satgas Covid Tingkat RT RW

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengaku masih menghitung beban pembiayaan