Indonesia Kini Produsen Semen Terbesar Asia Tenggara

Thursday 20 Feb 2014, 2 : 06 am
by
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

MAKASAR-Prospek industri semen semakin cerah seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi, insfrastruktur, dan konektivitas.

Apalagi sejak perusahaan semen di Indonesia, termasuk PT Semen Tonasa, disatukan ke dalam Semen Indonesia Group tahun lalu, Indonesia menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara.

Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat meresmikan Pabrik PT. Semen Tonasa Unit V dan pembangkit listrik 2×35 MW milik PT. Semen Tonasa serta beberapa proyek di Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (19/2).

Peresmian berlangsung di PT. Semen Tonasa Unit V, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel.

“Saya menyambut baik pembangunan pabrik PT Semen Tonasa Unit V ini. Insya Allah, yang sekarang kapasitasnya 3,5 juta ton per tahun akan menjadi 6 juta ton,” katanya.

Pengembangan pabrik semen ini merupakan salah satu indikasi kemajuan pembangunan di Sulsel.

“Sulawesi Selatan memang makin maju dan kemajuannya nyata. Selamat kepada Pak Gubernur dan semua yang telah memajukan Sulawesi Selatan,” jelas SBY.

Presiden berharap pemerintah dan masyarakat bekerja keras agar mimpi indah masyarakat untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pusat pertumbuhan di Kawasan Timur Indonesia dapat tercapai.

“Tanda-tandanya sudah nyata bahwa tidak lama lagi kawasan ini akan menjadi kawasan yang cepat, bahkan salah satu yang tercepat di kawasan kita,” ujar Presiden.

Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan sejak Presiden SBY memutuskan untuk menyatukan perusahaan-perusahaan semen ke dalam SIG tahun lalu, Indonesia kini menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara.

“Kami sudah memenuhi keinginan Bapak Presiden bahwa Semen Indonesia sejak tahun lalu sudah menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara,” jelas Dahlan .

Peresmian pabrik PT. Semen Tanosa Unit V dan Power Plant 2×35 MW serta tiga proyek lain ditandai dengan penekanan tombol sirene.

Ketiga proyek lainnya tersebut adalah Proyek Bidang Sumber Daya Air: Bendung Timatoppe, Proyek Bidang Bina Marga: Pembangunan Ruas Jalan Bantaeng-Bulukumba, dan Proyek Bidang Cipta Karya yaitu Ruang Terbuka Hijau Maccini of Indonesia. Selain itu, diresmikan pula proyek SPAM IKK Tanralili, SPAM IKK Polongbangkeng Selatan, SPAM IKK Pancalautan, SPAM IKK Donri-donri, dan SPAM IKK Sukamaju.

Presiden SBY dan Ibu Ani berkesempatan meninjau pabrik PT. Semen Tonasa Unit V dengan dipandu oleh Direktur Utama PT. Semen Tonasa Unggul Attas.

Tak lupa, SBY dan Ibu Ani melakukan penanaman pohon di halaman pabrik. SBY dan Ibu Ani menanam pohon Mahoni Uganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Terimbas Ambruknya Saham Kesehatan, Bursa Saham Wall Street Tergelincir

JAKARTA-Bursa Saham Wall Street longsor pada penutupan perdagangan Kamis (17/8/2023)

Pasal Soal Kumpul Kebo, Ganjal Pengesahan RUU KUHP

JAKARTA-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mempertimbangkan permintaan pemerintah untuk menunda