Industri Perbankan Kekurangan Ribuan SDM

76

Jakarta—Prospek industri perbankan di tanah air dinilai cukup positif. Alasannya dalam pameran bursa kerja bank digelar Ikatan Bankir Indonesia (IBI) ternyata perbankan membutuhkan sekitar 20.000 sumber daya manusia. Tercatat ada sekitar 20 bank baik swasta maupun pemerintah ikut serta dalam rangkaian bursa kerja.
“Ada Bank mandiri, BCA, Mandiri Syariah, OCBC NISP, BTN, BTPN, Permata Bank, CIMB Niaga, BJB, BRI. Tercatat 20 bank yang diadakan oleh IBI Ikatan Bankir Indonesia,” kata Ketua Panitia IBI Bankers Career Expo, Ferry Prima Adhyaksa yang ditemui pada pameran bursa kerja bank di Lapangan Indoor Tenis Senayan Jakarta.
Berdasarkan catatan, pengunjung atau pencari kerja dari tanggal 5 Desember 2012 kemarin tercatat mencapai 2.000 pencari kerja. Posisi perbankan seperti Marketing, Staff Financial dan frontliner mendominasi karier yang ditawarkan oleh bank. Syarat dan ketentuan ada batasannya, setiap calon pencari kerja diharuskan mendaftarkan diri dengan membayar Rp 20.000.
Saat masuk para pencari kerja kemudian mencari stan bank rujukan dan menyerahkan syarat-syarat seperti fotokopi, ijazah dan lain-lain. Setelah semua lengkap para pencari kerja langsung di interview oleh bank bersangkutan. Pendidikan juga harap diperhatikan, para bank hanya mencari lulusan D3 atau S1 dengan kualitas IPK minimal 2,75. “Ini hanya untuk lulusan jenjang minimal D3 dan S1. Ini hari terakhir dan sampai pukul 17:00,” tuturnya
Kemarin, Ferry sempat mengungkapkan pameran ini bertujuan untuk menjaring tenaga kerja yang ingin mengadu nasib di dunia perbankan. Target pameran ini diharapkan bisa menyerap puluhan ribu calon bankir baru. “Kita sebutnya sih puluhan ribu. Posisi yang tersedia 20.000. Pengunjung kita harapkan 10.000. Tergantung nanti animonya seperti apa,” tandasnya
Ferry menambahkan, banyak posisi yang ditawarkan dalam expo ini, mulai dari posisi sekelas teller, customer service sampai posisi managerial. “Posisinya dari clerical sampai managerial. Kalau yang clerical itu jadi teller, back office, dan ada level managerial, ada officer development program, intinya mereka dipersiapkan untuk menjadi kader pimpinan bank di masa yang akan datang,” paparnya.
Bagi yang tak lulus Sarjana, jangan khawatir. Dalam pameran ini juga, lulusan SMA dan sederajat bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bankir. Ferry mengatakan, salah satu bank yang menerima lulusan SMA adalah Bank BCA melalui program Bakti BCA. “Untuk masing masing itu ada yang kita rekrut dari fresh graduate, dan ada beberapa orang yang pengalaman. Pada umumnya yang mereka bidik adalah yang fresh, ada juga yang lulusan SMA. Saya tidak tahu posisi persisnya apa,” tutur dia.
Dalam kesempatan expo ini juga tersedia booth untuk melakukan interview di tempat secara langsung. Jadi tidak bagi pelamar yang datang bisa langsung membawa aplikasi dan surat lamaran serta langsung melakukan wawancara (walk in interview). “Bagi yang mau melakukan walk in interview bisa, mereka bisa memanfaatkan ruang interview yang kita sediakan,” pungkasnya. **can