Infrastruktur Pariwisata Dibenahi, PAD Manggarai Barat Naik 100 %

Friday 12 Jul 2019, 5 : 37 pm
by
Presiden Joko Widodo bersama Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula

LABUAN BAJO-Kontribusi pembangunan infrastruktur di kawasan destinasi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat sifnifikan. Data menyebutkan, jumlah PAD Mabar melonjak naik hingga 100 % sejak daerah ini ditetapkan menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Jika pada 2017 lalu, jumlah PADnya sebesar Rp 70 miliar maka di tahun 2018, PAD Mabar meningkat tajam mencapai Rp 135 miliar.

“Sejak Labuan Bajo dijadikan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas, percepatan pembangunan terus dilakukan. Dan dampak pembangunan terlihat sangat signifikan pada kenaikan PAD Labuan Bajo,” ujar
Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Bali Baru Kementerian Pariwisata, Hiramsyah S. Thaib Jumat (12/7).

Dia mengatakan, pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh terhadap percepatan pembangunan yang dilakukan pada 8 kabupaten di Flores, baik pembangunan yang berkaitan dengan Atraksi, Aksesibilitas, maupun Amenitasnya.

Sebab diyakini, sektor pariwisata menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan PAD. Untuk itu, sektor pariwisata harus didukung guna memberikan multyplayer efek bagi ekonomi masyarakat.

“Sektor pariwisata sangat penting dikembangkan dalam upaya peningkatan (PAD),” katanya.

Menurutnya, upaya mendorong peningkatan sektor parwisata sangat penting guna memberikan multiplier effect bagi ekonomi masyarakat di wilayah wisata.

“Perkembangan pariwisata suatu daerah berimbas pada ekonomi masyarakat dan berkembang meningkatkan PAD untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Thaib mengatakan, percepatan pembangunan Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo Flores harus dipercepat prosesnya.

“Kami sangat mendukung pembangunannya agar Labuan Bajo menjadi destinasi yang semakin mudah dikunjungi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Saya yakin kedepannya Labuan Bajo akan menjadi destinasi favorit,” tuturnya.

Hiramsyah yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pokja KEK Pariwisata, sangat mendukung penuh rencana pembuatan 2 KEK Pariwisata di Manggarai Barat.

“Pembangunan KEK Pariwisata Tanah Naga dan Tanah Mori pasti kami dukung dan diharapkan berdampak untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” pungkas Hiramsyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Generasi Milenial Golkar Membutuhkan Kepastian

JAKARTA—Partai Golkar dituntut mampu membaca tanda-tanda perubahan dan kehendak zaman.

Penerapan Circular Economy Berpotensi Dorong Substitusi Impor Sektor Industri

JAKARTA-Penerapan konsep circular economy dinilai berpotensi dalam mendorong substitusi impor