Infrastruktur Pariwisata Pengaruhi Kunjungan Wisman

Wednesday 19 Oct 2016, 11 : 07 am

MANADO-Presiden Joko Widodo mengunjungi Sulawesi Utara guna mengecek langsung perkembangan pariwisata dan infrastruktur setempat. Alasan sektor pariwisata mengalami perkembangan signifikan di Sulawesi Utara dimana telah terjadi lonjakan wisatawan mancanegara. “Ada lonjakan turis utamanya yang dari Tiongkok yang masuk ke Manado,” ucap Presiden saat blusukan ke Manado Town Square (Mantos) 3 di Kota Manado, Selasa 18 Oktober 2016.

Peningkatan wisatawan yang berasal dari Tiongkok hingga 1000 persen dikarenakan adanya penerbangan langsung dari beberapa kota di Tiongkok menuju Manado yang dapat ditempuh hanya dalam waktu tiga jam.

Meningkatnya jumlah wisman yang datang berkunjung ke tanah air seyogyanya berpengaruh positif terhadap perekonomian nasional. Oleh karena itulah Presiden merasa perlu melihat langsung aktivitas masyarakat Kota Manado. “Malam ini saya datang ke sini untuk melihat itu dan kelihatan sekali pertumbuhan ekonomi itu. Akan kelihatan kalau masuk ke pasar, ke mal seperti ini,” tambahnya.

Guna mendukung perkembangan pariwisata di Sulawesi Utara, Presiden telah menanyakan kepada Gubernur Sulawesi Utara tentang fasilitas yang diperlukan di Sulawesi Utara untuk menunjang sektor pariwisata. “Beliau menyampaikan masalah ring road 3 ((Malalayang-Winangun) siap dibangun dan jalan dari bandara ke kantor walikota. Itu saja,” kata Presiden.

Presiden juga menggarisbawahi betapa pentingnya infrastruktur guna mendukung kunjungan wisatawan mancanegara. Untuk itu Presiden meminta agar pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota bersinergi membangun infrastruktur. “Kalau di sini kesiapan infrastruktur jalan, kesiapan infrastruktur bandara, kesiapan infrastruktur pariwisatanya tidak segera dibantu pemerintah pusat, saya takut pemerintah kota kewalahan. Kalau dikerjakan bersama-sama pemerintah pusat, pemerintah provinsi pemerintah kota akan lebih baik,” tutur Presiden.

Selain memiliki infrastruktur yang memadai, pelayanan di bandara seperti pelayanan bea cukai dan imigrasi juga harus berjalan dengan baik untuk menyambut wisatawan mancanegara. “Semuanya kita cek satu persatu,” ujar Presiden.

Sebelum meninggalkan mal tersebut, saat ditanya para wartawan berbelanja apa saja di mal tersebut. Presiden menjawab Belanja sepatu karena ada diskonnya,” ucap Presiden.

Seperti biasanya di luar agenda Kepresidenan, Presiden Joko Widodo ‘blusukan’ ke Manado Town Square (Mantos) 3 di Kota Manado, Selasa 18 Oktober 2016.

Tiba pukul 20.15 WITA, Presiden didampingi Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Walikota Manado Vicky Lumentut disambut warga yang tengah berada di mal tersebut.

Presiden yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan celana panjang berwarna hitam langsung memasuki mal dan mengelilingi mal tersebut. Banyaknya pengunjung mal yang ingin bersalaman dengan Presiden menyebabkan Presiden berjalan dengan perlahan untuk menyapa dan memenuhi keinginan masyarakat berfoto bersama. ***

Don't Miss

Jelang Pileg 2014, Dapil Klungkung-Bangli Dilebur

BALI-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali,  Lanang Perbawa  menjelaskan
pemerintah saat ini telah memberikan perhatian yang besar terhadap pengembangan pesantren di tanah air

Cegah Osteoporosis Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

JAKARTA-Osteoporosis (penyakit tulang keropos) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di