INKA Layani Manggarai-Soetta 30 Menit

192

JAKARTA-PT Railink, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencoba mengembangkan KRL Commuter rute Stasiun Manggarai di Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Cengkareng.

Berdasarkan kajian, waktu tempuh KRL Commuter dari Bandara Soetta ke Stasiun Manggarai hanya 30 menit. “30 menit jarak Manggarai-Bandara Soetta dengan jarak 30-an kilo meter,” kata Dirut PT Railink MN Fadhilah di Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Saat ini, kata Fadhilah, Railink sedang melakukan proses pembebasan lahan di Tangerang dan ditargetkan proses pembebasan lahan serta kontruksi paling cepat bisa selesai pada pertengahan 2015.

Menurut Fadhilah, tantangan dalam pengembangan KRL Bandara Soetta ini adalah lahan. Karena itu, prose pembebasan lahan ini masih diselesaikan Railink. Adapun soal penyesuaian rute KRL Bandara Soetta dengan kereta cepat Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Soetta sudah tuntas. Penyesuaian rute terjadi di titik Stasiun Sudirman Baru atau dekat kantor pusat BNI. “Ini sudah selesai. Ini penyesuaian di dekan Sudirman Baru,” paparnya

Guna mempercepat proses pembebasan lahan, KAI telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten. Rencananya KRL Bandara Soetta akan dilayani minimal 10 rangkaian kereta (train set). Setiap 1 train set terdiri dari 6 kereta dengan kapasitas 250 penumpang per rangkaian. “Kemungkinan kita pakai kereta dari INKA dan konsorsium Bombardier,” pungkasnya.