ITPC Chicago Rintis Remarkable Indonesia Fair

43

CHICAGO-Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago merintis ajang promosi baru bertajuk Remarkable Indonesia Fair (RIF) 2016. Pameran ini akan digelar pertama kalinya pada Sabtu (23/7), di Hotel Hilton, Chicago, Amerika Serikat (AS).

Kepala ITPC Chicago Wijayanto meyakini acara ini akan memberikan arti penting bagi upaya pemerintah meningkatkan branding  tentang Indonesia di negeri Paman Sam.

Meski baru pertama digelar, Wijayanto bertekad akan menjadikan pameran ini sebagai agenda tahunan di Chicago.  “Kekuatan kegiatan ini tak hanya mengenalkan produk barang dan jasa dari Indonesia, tetapi juga menyuguhkan Indonesia dari sisi keragaman budaya, sejarah, hingga ekonomi kepada masyarakat AS, khususnya di wilayah Midwest,” terang Wijayanto.

Para pelaku bisnis dan pemerintahan difasilitasi dengan penyediaan booth pameran. Produkproduk yang dipamerkan semua terkait Indonesia, misalnya dibuat di Indonesia, menggunakan material dari Indonesia, ataupun terkait jasa dari atau ke Indonesia.

Promosi yang dilakukan untuk acara ini juga cukup gencar. Pemerintah Indonesia telah memasang pengumuman di beberapa tempat umum, seperti transportasi publik yang terdiri dari kereta dan bus umum.   “Kami juga gencar melakukan promosi di media sosial. Jika ingin melihat informasi lebih lanjut, dapat dilihat facebook dan instagram @remarkableindonesiafair atau website www.remarkableindonesiafair.com,” jelasnya.

Antusiasme juga ditunjukkan diaspora yang ikut membantu acara ini. Tak kurang dari 33 pelaku usaha dan instansi pemerintah ikut berpartisipasi. Para pelaku bisnis yang turut berpartisipasi antara lain Anniesa Hasibuan Boutique, Alleira Batik Indonesia, Clo by Coreta Indonesia, Vatthu, Fabiola Aisha, Vanyo Fashion, Zaskia Sungkar Jakarta, Vivi Zubedi, UP by Diana Rikasari, C by Angel, Micha, Inc., Hueys, Lady Quaint, My Batik Shop, Limaran Batik, dan Dewi Gumilar untuk bidang fesyen dan aksesoris.
Turut bergabung Jan’s, Jawa Import Inc., Dewa Samudra LLC, Kara, Indofood, Rollas, dan Mayasari untuk bidang produk makanan dan minuman.

Sementara itu, dari sektor jasa yang turut berpartisipasi adalah Japan Airlines, Bank Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI), London School of Public Relations, BHI Hospitality School, Doyan Travel, Floresta Bali Tour, Tedjo Express Travel Chicago, Hotel Salak, dan Telkomsel.   “Kegiatan ini juga didukung Indonesian Investment Promotion Center (IIPC) New York dan Museum Batik,” tambah Wijayanto.

Plt. Konsul Jenderal Chicago Eni Hartarti menuturkan acara ini akan dikemas sangat Indonesia dan sarat dengan kegiatan edukasi dan hiburan. Ada pertunjukan tari, musik tradisional dan modern, seminar dan talkshow mengenai batik dan wisata ke Indonesia, workshop batik, demo masak makanan Indonesia, hingga pagelaran busana.   “Pada kesempatan ini kami juga akan menganugerahkan penghargaan untuk duta terbaik bangsa dan juga mitra dagang Indonesia,” ungkap Eni.

Eni mengharapkan acara ini semakin mengangkat nama Indonesia dan produk-produknya di wilayah Midwest, khususnya di Chicago. “Semoga Indonesia makin dikenal baik sebagai negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi yang menarik. Saya berharap hasilnya dapat  meningkatkan jumlah wisatawan dari AS ke Indonesia,” ujarnya.