Jaga Rupiah, Cadangan Devisa Melorot

Wednesday 7 Oct 2015, 9 : 04 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Posisi cadangan devisa Indonesia akhir September 2015 tercatat sebesar US$101,7 miliar atau berkurang USD3,6 miliar dibandingkan dengan posisi cadangan devisa akhir Agustus 2015 sebesar US$105,3 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan melorotnya cadangan devisa dipicu oleh penggunaan cadangan devisa dalam rangka pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan dalam rangka stabilisasi nilai tukar Rupiah. Hal tersebut sejalan dengan komitmen BI yang telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. “Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa per akhir September 2015 masih cukup membiayai 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” jelasnya.

Dia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Voksel Electric Tbk

Oktober 2023, Voksel Electric Terbitkan Obligasi Rp250 Miliar

JAKARTA-Obligasi Berkelanjutan II PT Voksel Electric Tbk (VOKS) Tahap I/2023

Pulihkan Pertanian, Bendung dan Saluran Irigasi Gumbasa Direhabilitasi

PALU-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Sumber