Jajaran Birokrasi Harus Jadi Fasilitator Dunia Usaha

4

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah komitmen para birokrat dalam menjadi fasilitator dunia usaha untuk memajukan ekonomi Indonesia.

“Dunia usaha tidak akan mampu kalau mereka tiap hari menghadapi gangguan dari birokrasi, dia menghadapi ketidakpastian dari policy. Jadi, kalau kita semua ini menjadi pengganggu, kita yang menjadi penambah beban, kita sebetulnya mematikan ekonomi kita sendiri. Ini saya membutuhkan kesepakatan kita semua sebagai kalangan yang menjalankan pemerintahan. Kita harus punya leadership untuk lihat sampai ke bawah ke eselon IV Anda dan pelaksana apakah mereka menjadi fasilitator atau menjadi pengganggu ekonomi Indonesia,” tegasnya.

Hal ini dipaparkannya dalam acara Rapat Kerja (Raker) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indonesia Trade Forum 2019 yang bertema “Indonesia Menuju Negara Berpenghasilan Tinggi” di hotel Shangrila Jakarta pada Selasa, (12/03).

Menkeu berharap seluruh jajaran birokrasi pemerintahan menyadari bahwa sebagai pembuat kebijakan, sikap, cara berpikir, cara berbuat, cara melayani, berinteraksi dan kebijakan yang diciptakan, sangat mempengaruhi dunia usaha sehingga harus benar-benar diperhatikan.

“Kita berharap seluruh jajaran birokrasi, harus menyadari bahwa tantangan menciptakan lingkungan perkonomian yang sehat dan kompetitif juga sebagian ada di tangan kita. Sikap Anda, cara Anda berpikir, cara Anda berbuat, cara Anda melayani, berinteraksi, dan bahkan kebijakan-kebijakan yang Anda keluarkan, itu sangat mempengaruhi dunia usaha,” tegasnya.

Ia menambahkan, pengalamannya sebagai mantan Direktur Bank Dunia melihat bahwa negara maju dengan berpenghasilan tinggi memiliki tiga bahan utama yaitu institusi yang bersih, kualitas SDM yang baik, dan infrastruktur yang memadai.

“Semua negara di dunia yang bisa sukses, the most consistant ingredients dari semuanya yang bisa sukses itu ada tiga, yaitu institusinya bersih, Sumber Daya Manusianya baik, dan infrastrukturnya,” pungkasnya