Jamkrindo Ajak Siswa Mengenal Nusantara

31

JAKARTA- Perum Jamkrindo sebagai BUMN yang mempunyai tugas sebagai penjamin UMKM untuk kedua kalinya melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) sebagai program andalan dari Kementerian BUMN untuk memberikan pendidikan tentang wawasan nusantara kepada siswa.

“Kegiatan ini dilakukan secara serentak oleh semua BUMN. Jamkrindo melaksanakan program SMN di kota Palu Sulawesi Tengah dan Tanjung Pinang, Kepri,” kata Direktur Keuangan Investasi dan Manajemen Resiko I. Rusdonobanu saat melepas siswa/i peserta program SMN di kota Tanjung Pinang, Kepri, Jumat (5/8/2016) malam.

Kegiatan yang merupakan bagian program BUMN Hadir untuk Negeri ini selalu disambut antusias oleh para siswa diseluruh Indonesia. Sebanyak 20 orang yang siswa/i ikut dalam program ini akan menjadi berbagai aktivitas selama sepekan.

Sebanyak 20 siswa dari sejumlah SMU unggulan di Provinsi Sulawesi Tengah dan Kepri yang terpilih akan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar nasional.
Keseluruhan peserta dari Sulteng akan bertukar dengan siswa di Kep. Riau, 2 orang dari 20 siswa asal Sulteng akan diambil dari siswa disabilitas (penyandang cacat) tanpa seleksi sedangkan 18 lainnya adalah siswa yang lulus melalui proses seleksi administratif, psikologis dan wawancara.

Dengan program ini, Rusdono mengatakan bahwa  siswa bisa mengenal budaya nusantara lebih dalam bahwa masih ada keanekaragaman budaya daerah yang tidak sama dari satu daerah dengan daerah lain dengan demikian wawasan tentang nusantara semakin luas.

“Melalui program berkelanjutan ini, diharapkan para generasi pelajar penerus bangsa Indonesia dapat semakin mengenal budaya Nusantara dan menjadi generasi muda calon penerus Bangsa,” katanya.

Rusdono berharap kegiatan ini akan terus keberlanjutan sebagai komitmen dari BUMN yang sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. “BUMN komit dan turut serta membangun negeri ini melalui berbagai kegiatan yang dilakukan Perum Jamkrindo banyak lakukan  di Sulteng, salah satunya yaitu siswa mengenal nusantara .

Plt Sekretaris Perusahaan Perum Jamkrindo Abdulia bari mengatakan bahwa program SMN bertujuan mengenalkan siswa untuk memahami budaya-budaya,mencintai keindahan alam, menghayati serta belajar dari potensi sumber daya alam dan leluhur bangsa ini.

“Harapannya para siswa SMN bisa mempunyai pengalaman positif dan akan merefleksinya untuk dikehidupannya dan masa depannya,” ujarnya.

Kadiv Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perum Jamkrindo Diana Mayawati mengatakan para peserta akan diinapkan di rumah-rumah penduduk di Tanjung Pinang sehingga bisa berinteraksi secara bebas dan kekeluargaan dengan warga di sana. “Begitu juga siswa Kep. Riau yang ke Kota Palu,” katanya. 

Perum Jamkrindo, lebih lanjut juga melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan melalui kegiatan PKBL menyambut HUT 71 Kemerdekaan RI. “Kegiatan sosial PKBL difokuskan di Palu seperti bantuan air bersih, renovasi rumah veteran dan juga bantuan pembinaan mantan narapidana,” katanya.

Bertindak sebagai pelaksana Peserta program SMN ini yang ditunjuk adalah Perum Jamkrindo sebagai kordinator dan  Bhanda Ghara Reksa (BGR) sebagai wakil kordinator dalam program BUMN hadir untuk Negeri di Wilayah Sulteng. Sementara untuk pelaksanaan di Kepulauan Riau laksanakan oleh PT Bank BNI, PDIP Batam dan Surveyor Indonesia. ***