Janet Yellen Calon Gubernur The Fed

37

JAKARTA-Bursa AS kembali melanjutkan koreksinya pada perdagangan semalam dengan melemah sekitar 1.2% seiring pasar semakin khawatir terkait kesepakatan debt ceiling dan government shutdown AS. Sentimen negatif juga berasal dari rilis proyeksi IMF yang kembali menurunkan estimasi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi 2.9% di 2013. Sementara harga minyak dunia menguat tipis ke level US$103.5/barel dan harga metal dunia kembali bergerak mixed.

Dalam analisa harian analis valas PT Samuel Sekuritas,  Lana Soelistianingsih mengatakan bursa Asia sendiri   Rabu pagi (9/10) turut dibuka terkoreksi memfaktorkan sentimen negatif dari bursa AS semalam. Namun demikian, indeks futures AS bergerak menguat memfaktorkan kabar Obama akan mengumumkan pencalonan Janet Yellen sebagai gubernur The Fed malam nanti.

Sementara itu, nilai tukar Rupiah pagi ini dibuka melemah ke level Rp11,350 sementara yield SUN 10thn relatif stabil di level 8.06%.  IHSG sendiri hari ini diperkirakan akan bergerak sideways dengan kecenderungan melemah seiring mixed-nya sentimen di bursa regional dan potensi profit taking setelah penguatan kemarin. IMF kemarin juga menurunkan proyeksi GDP Indonesia menjadi 5.3% di 2013 dan 5.5% di 2014. “Support indeks berada di level 4,400,” pungkas dia.