Jarang Terdeteksi Dini, Pahami Gejala dan Kondisi Kanker Hati

Tuesday 26 Mar 2019, 1 : 01 am
by
ilustrasi

JAKARTA – Kanker bisa terjadi pada siapa saja, tidak mengenal jenis kelamin, dan usia. Termasuk juga kanker hati.

Kanker ini dialami juga oleh mendiang Gebi Ramadhan, salah satu komika Indonesia.

Kanker hati dapat bermula dari adanya benjolan di hati kemudian terjadi kerusakan pada organ hati dan menyebar ke organ lain di tubuh.

Health Claim Senior Manager Sequis dr. Yosef Fransiscus mengatakan, gejala awal kanker hati seringkali tidak terdeteksi.

Sekali pun 1 dari 3 pasien tidak menunjukkan gejala kanker hati di awal.

Namun, secara umum ada beberapa tanda fisik yang bisa membuat kita lebih berhati-hati dan segera memeriksakan diri ke dokter, seperti turunnya berat badan secara drastis, mual dan muntah, nyeri di bagian perut, gangguan makan, lemas, dan lesu.

Gejala lainnya, misalnya membesarnya ukuran hati sehingga terasa ada yang berbeda di dalam perut bagian bawah tulang rusuk sebelah kanan.

Pembesaran juga dialami limp adan terasa ada beban lebih dan sakit di bagian tulang rusuk sebelah kiri.

Rasa sakit kemudian menjalar ke area perut dan tulang belikat sebelah kanan.

Cairan di perut bertambah banyak yang menjadi penyebab mual, beberapa bagian tubuh terasa gatal-gatal dan bola mata berubah kekuning-kuningan.

Kata dokter Yosef lagi, Jika gejala-gejala tersebut di atas terasa atau terlihat, segera konsultasi ke dokter umum.

Jika di tahap pemeriksaan awal, dokter umum menemukan beberapa gejala yang menjurus pada penyakit kanker, dokter akan segera merujuk pasien ke dokter ahli yang dapat mendiagnosis apabila seseorang mengidap kanker hati.

Dokter spesialis penyakit dalam OMNI Hospitals Pulomas .dr. Chyntia Olivia Maurine Jasirwan, Sp.PD, Ph.D, lebih lanjut menguraikan bahwa ada dua jenis kanker hati, yaitu kanker hati primer dan sekunder. Jenis kanker hati primer yang paling sering terjadi adalah hepatocellular carcinoma.

Umumnya, kanker ini terjadi akibat komplikasi penyakit hati seperti sirosis (kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan jangka panjang) dan hepatitis (radang hati). Ada beberapa jenis kanker hati primer lainnya, seperti hepatoblastoma. Kanker hati ini hanya menyerang anak-anak.

Jenis lainnya adalah kanker yang tumbuh di sel-sel pembuluh darah di dalam hati yang disebut angiosarcoma dan kanker yang berkembang di saluran empedu atau cholangiocarcinoma. Sedangkan kanker hati sekunder adalah kanker yang tumbuh di organ lain kemudian menyebar ke hati, misalnya penyebaran dari kanker lambung, kanker usus, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Tahapan Stadium Kanker Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Garuda Siapkan 186 Slot Penerbangan Tambahan

TANGERANG-Garuda Indonesia telah menyiapkan 186 slot penerbangan tambahan pada musim

Aset PermataBank Syariah Tembus Rp 16 Triliun

JAKARTA–PermataBank Syariah kembali mencatat pertumbuhan  kinerja keuangannya yang berkesinambungan. Menyusul