Jarang Terdeteksi Dini, Pahami Gejala dan Kondisi Kanker Hati

Tuesday 26 Mar 2019, 1 : 01 am
by
ilustrasi

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker hati juga terbagi dalam beberapa tahap atau stadium. Istilah stadium yang biasa dipakai adalah BCLC, yaitu BCLC A,B,C, atau D. “Adanya stadium ini bermanfaat bagi dokter dan pasien untuk memutuskan rencana dan tahap pengobatan. Jika pasien mendapatkan diagnosis terkena kanker hati, sebaiknya segera minta dokter menjelaskan tahapan stadium kanker tersebut, “ ujar dr. Chyntia.

Stadium awal disebut dengan Stadium A. Pada kondisi ini, terdapat satu tumor berukuran sedang < 5 cm, atau 2-3 tumor dengan ukuran < 3 cm. Pada tahap ini, fungsi hati masih terbilang normal atau sangat minimal bila terganggu. Jika tumbuh beberapa tumor besar di hati maka pasien telah masuk pada Stadium B.

Namun, kondisi pasien secara umum masih baik dan fungsi hati belum mengganggu. Kemudian, jika kanker sudah menyebar ke pembuluh darah, kelenjar getah bening, atau organ tubuh lain maka pasien sudah masuk pada Stadium C. Pada stadium ini, hati masih berfungsi tetapi kondisi pasien mulai memburuk. Jika kondisi fisik semakin memburuk demikian juga fungsi organ hati maka pasien sudah masuk pada Stadium D.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI-Kemenkeu Sepakat Pantau Informasi Devisa Melalui SiMoDis

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyepakati kerja sama

Mahfud: Indonesia Emas Bisa Tercapai Asalkan Tak Ada Korupsi

Sesuai penghitungan lembaga-lembaga tersebut, Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan