Jaringan Nasional Duta Jokowi Bertemu Delegasi UMNO

Jaringan Nasional Duta Jokowi Bertemu Delegasi UMNO

25
0
BERBAGI
Delegasi UMNO bersama Duta Joko Widodo

JAKARTA-Tim Sekretariat Nasional Jaringan Duta Joko Widodo  bertemu dan berdialog dengan 8 orang delegasi Program Lawatan Jaringan Antarabangsa United Malays National Organisation (UMNO) Johor Liaison Committee Malaysia di bilangan Cikini Jakarta, Selasa (27/9). UMNO adalah partai politik terbesar di Malaysia dan pendiri dari koalisi Barisan Nasional yang telah memerintah sejak kemerdekaan Malaysia.

Dalam kesempatan ini Duta Joko Wododo membagi informasi seputar gerakan partisipasi politik dan proses penguatan demokratisasi di Indonesia.  Secara khusus dibahas mengenai fenomena proses munculnya Joko Widodo menjadi Presiden RI ke-7.

Setelah mendengarkan paparan dari Duta Joko Widodo, salah satu delegasi UMNO Mr.Johan Arifin Mohd Ropi yang juga CEO di Institut Integriti, Kepimpinan dan Latihan Semangat Dato’ Onn (IKLAS) Johor menyampaikan keamanan dan kemakmuran Indonesia diperoleh daripada asas kenegaraan yang hebat. Kepribadian dan semangat Nasionalisme yang tinggi menjanjikan Indonesia boleh menjadi satu bangsa contoh di rantau ini. “Indonesia adalah model masa depan bangsa yang ditentukan dengan keterlibatan anak muda. Anak muda jangan sesekali coba mempertikaikan (baca : mempertentangkan) atau berkelahi mengenai asas Pancasila yang telah dipersetujui dan diselesaikan oleh generasi terdahulu para pendiri bangsa Indonesia,” tuturnya.

Dia mengatakan peranan anak muda adalah memperbaiki sebarang kelompongan yang ada untuk bangsa terus maju. “Percayalah bahwa asas Pancasila yang telah disiapkan itu sangat mantap untuk diteruskan. Sambut, dan perindahkan, itulah namanya berkemajuan, kalau (Pancasila) diganggu, rakyat Indonesia akan rugi besar,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Duta Joko Widodo, Joanes Joko menyampaikan bahwa pertemuan ini berlangsung sangat hangat. Ini adalah awal komunikasi dan relasi antara generasi muda 2 negara serumpun. Selain itu juga dibicarakan mengenai bidang ekonomi dan kebudayaan antara UMNO Johor dan Duta Joko Widodo sebagai salah satu bentuk mempererat kerjasama ‘soft power’ kedua negara.

Pada kesempatan ini Delegasi UMNO Johor mengundang Jaringan Duta Joko Widodo untuk hadir membagikan pengalamannya pada Konvensi UMNO di Malaysia pada November 2016. Jaringan Duta Joko Widodo yang merupakan salah satu organ relawan non partisan yang pada pilpres 2014 lalu menggerakkan dukungan untuk kemenenangan Jokowi menjadi Presiden ke-7.