Jatim Fair Jadi Ajang Penciptaan Entrepreneur UMKM

9
Bisnis.com

SURABAYA-Pameran dagang Jatim Fair ke 10 tampaknya dijadikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Terlebih ada lebih dari 500 stand makanan minuman, produk UMKM hingga kerajinan yang berasal dari dalam dan luar negeri.

“Kita berharap nilai transaksi selama Jatim Fair dapat menembus angka Rp100 miliar,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Selain itu, kata Khofifah, pameran Jatim Fair ini menjadi ajang penciptaan entrepreneur baru bagi pelaku UMKM lainnya. Oleh karena itu, panitia menargetkan 125 ribu pengunjung yang hadir dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 13 Oktober 2019.

“Jatim Fair akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat Jatim,” tambahnya.

Pameran dagang iini bisa mengenalkan produk unggulan Jatim ke masyarakat luas. “Jatim Fair ini kan bagian untuk bisa mendisplai berbagai produk unggulan, terutama handycraft dan produk yang menjadikan prototipe keunggulan teknologi Jawa Timur,” jelasnya lagi.

Tak hanya itu, Khofifah juga menyebut pameran ini bisa menjadi suatu tempat pertemuan produsen dengan pembeli.

“Jatim Fair kali ini, kami berharap akan menjadi bagian dari pertemuan produsen dengan buyer nasional dan internasional, forum bisnis, meeting juga berjalan, maka tentu kita berharap bisa berseiring,” lanjutnya.

Disisi lain, Jatim Fair bukan hanya memarkan berbagai produk, namun juga akan mengenalkan berbagai potensi pariwisata di Jatim. Pameran ini akan menjadi yang terbesar apabila ibu kota Indonesia berpindah ke Kalimantan. Tahun ini saja, Khofifah menambahkan, ada sekitar 560 stan yang ditampilkan.

“Jatim Fair ke-11 tahun yang akan datang insyaallah akan menjadi bagian dari penguatan Jatim Fair, kami berharap kalau nanti ibu kota Indonesia itu pindah ke Kalimantan Timur, ini akan menjadi pameran terbesar di Indonesia sesuatu yang menurut saya sangat possible, bukan mimpi untuk bisa kita wujudkan,” pungkasnya.

Sementara itu, di lokasi terlihat berbagai macam produk unggulan dan pariwisata unggulan Jatim. Misalnya saja makanan dan minuman khas Jatim hingga berbagai batik dan hasil kerajinan UMKM. ***