Jelang Even Motocross, Walikota Pangkalpinang Kunjungi Lokasi Pengasingan Bung Karno

Jelang Even Motocross, Walikota Pangkalpinang Kunjungi Lokasi Pengasingan Bung Karno

0
BERBAGI

JAKARTA-Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah bersama para pengagum Bung Karno mengunjungi lokasi pengasingan Presiden RI pertama itu di Pesanggrahan Menumbing, Muntok, Bangka Barat.
Kunjungan ini dilakukan menjelang ajang motocross paling bergengsi di dunia, MXGP.

Pangkalpinang memang sudah didaulat untuk menjadi tuan rumah MXGP tahun 2017 hingga 2019 mendatang.
Tentu event bergengsi dunia itu akan dijadikan juga sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia, khususnya Bangka Belitung.
“Ada banyak alternatif wisata bagi pengunjung yang nonton MXGP nanti, salah satunya Pesanggrahan Menumbing ini,” kata sang Walikota termuda di Indonesia itu melalui siaran persnya di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Lokasi tempat pengasingan Bung Karno itu cukup terpencil yakni di ketinggian 445 meter di atas permukaan laut, di mana tak ada kehidupan di sekitarnya.
Suasana terasa begitu sunyi begitu memasuki pintu gerbang kawasan Bukit Menumbing. Tidak ada kendaraan lain yang melintas, karena jalanan memang sempit dan hanya muat untuk satu mobil.
Di kanan kiri jalan sepanjang empat kilometer itu hanya terlihat hutan yang hijau lebat. Beberapa ekor monyet tampak bergelantungan di dahan pohon.

Begitu tiba di Pesanggrahan yang berbentuk seperti benteng itu, Irwansyah dan rombongan disambut oleh Wakil Bupati Bangka Barat Markus, Kadis Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Bangka Barat Rozali serta sejumlah SKPD Bangka Barat lainnya. Suasana terasa begitu sejuk di kawasan yang merupakan ujung Pulau Bangka itu.
Mereka melihat bekas kamar yang ditinggali Bung Karno saat diasingkan pada tahun 1948-1949. Kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk Sang Proklamator dan para pahlawan yang pernah diasingkan di Pesanggrahan itu seperti Bung Hatta, Ali Sastroamidjojo, M Roem, Pringgodigdo dan sebagainya.

Di Pesanggrahan itu banyak terdapat foto-foto aktifitas para pahlawan itu selama diasingkan. Sebagian besar kegiatan para pemimpin bangsa tersebut berupa rapat, pertemuan dan diskusi.
Irwansyah dan Markus kemudian berbincang hangat di salah satu ruangan di dalam Pesanggrahan. Berbagai permasalahan diperbincangkan, dari hal-hal ringan hingga perkembangan daerah yang mereka pimpin.
“Kota Muntok ini sudah diresmikan sebagai Kota Pusaka. Artinya, kota yang masih kuat sejarahnya,” kata Markus.

Pesanggrahan Menumbing ini jaraknya sekitar 12 km dari Kota Muntok atau 130 km dari Kota Pangkalpinang.
Di Muntok juga terdapat tempat pengasingan Bung Karno, yang disebut Pesanggrahan Muntok atau Wisma Ranggam. Sebab menurut pengelola setempat, Sutejo, kala itu Bung Karno tidak tahan dengan hawa dingin Menumbing, sehingga pihak Belanda memindahkannya ke Muntok. “Di Muntok ada juga Rumah Mayor, Kelenteng Kung Fuk Miau yang berdampingan dengan Masjid Jami’ dan Museum Timah. Itulah wisata sejarah andalan Kota Muntok,” ujarnya. ***