Jelang Imlek, Vihara Kwan In Thang Gelar Ritual Bersih-bersih Rupang

Thursday 31 Jan 2019, 1 : 13 am
by

TANGERANG-Puluhan pengurus Vihara Kwan In Thang, di Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan ritual rutin menjelang perayaan Tahun Baru Imlek dengan membersihkan puluhan patung dewa, rupang dan tempat persembahyangan di Vihara.

Pengawas Yayasan Anada Vira/Kwan In Thang Frankie Sibbald, mengungkapkan, ritual membersihkan Vihara dan patung dewa (rupang), hari ini merupakan rutinitas yang dilakukan semua Vihara dalam menyambut perayaan tahun baru Imlek 2570.

Dijelaskan dia, kebiasaan membersihkan Vihara dan Rupang, menjelang Tahun Baru Imlek memiliki makna sebagai refleksi terhadap pribadi manusia untuk juga bersih-bersih diri.

“Makna sebenaenya sebagai refleksi diri untuk membersihkan diri sendiri, dengan tulus. Sebetulnya itu yang diajarkan,” kata dia, Rabu (30/1) di Vihara Kwan In Thang, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Diterangkan dia, kebiasaan bersih Vihara dan Rupang ini, adalah agenda rutin yang biasa dilakukan setiap tanggal 24 bulan 12.

“Biasanya ini kami lakukan pada Sabtu dan minggu atau tanggal 24 setiap bulan 12,” terang Frankie.

Di Vihara yang dibangun sejak 1984 ini, selain membersihkan puluhan Rupang, pengurus juga melakukan bersih-bersih altar dan tempat persambahyangan serta pemasangan lampion.

Frankie menerangkan, ada 17 patung Dewa dan 50 Rupang yang ada di Vihara ini. Masing-masing Rupang dan patung dewa ini diturunkan dari tempatnya, untuk dibersihkan dengan air sabun.

“Membersihkan dengan air sabun, dan kami sikati,” ucap Frankie.

Pada tahun baru Imlek 2570 ini, pihaknya berharap umat manusia memperoleh lebih banyak leberkahan, kedamaian, kesejahteraan buat semua dan ketentraman.

Dalam ritual Ibdah Imlek nantinya, Vihara Kwan In Thang mampu menampung 300 sampai 500 umat Budha yang akan merayakan sejak malam hingga tanggal perayaan Cap Go Meh.

“Biasanya ada 300 sampai 500 orang yang nanti akan terus berdatangan dari malam Tahun baru Imlek sampai pada hari Cap Go Meh,” terangnya. (Raja Tama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenperin: 5.000 IKM Masuk e-Commerce Hingga Akhir 2019

JAKARTA-Kementerian Perindustrian membidik 5.000 Industri Kecil Menengah (IKM) masuk pasar

REI Minta Dana Tapera Dikelola Lembaga Tunggal

JAKARTA-Perhimpunan pengembang Real Estat Indonesia (REI) meminta lembaga tunggal dana