Jenderal Tito: Ini Amanat Sangat Besar

35
Seskab Pramono Anung memberikan ucapan selamat kepada Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, usai sertijab di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (14/7)

JAKARTA-Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian resmi memegang tongkat komando Polri, setelah melakukan serah terima jabatan dengan pejabat sebelumnya, Jenderal Badrodin Haiti, di Stadion Olahraga Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Kamis (14/7).

Dalam sambutannya Tito menyampaikan, rangkaian sukses di tubuh Polri tercipta dari dukungan semua pihak dan tentunya Allah SWT. Putra Palembang ini pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Petinggi Polri, Pimpinan DPR RI, serta masyarakat Indonesia atas kepercayaan yang telah diberikan untuk melanjutkan dan melaksanakan amanat sebagai Kapolri. “Ini merupakan sebuah amanat yang sangat besar yang memiliki konsekuensi pertanggungjawaban tidak saja kepada hukum, pimpinan negara, masyarakat, bangsa dan negara, namun juga kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegas Tito.

Kapolri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat yang digantikannya, Jenderal Badrodin Haiti atas kinerja dan dedikasi yang telah diberikan. Ia mengatakan, dengan program unggulan Polri sebelumnya, membuat tubuh Polri tetap eksis dan solid dengan segala tantangan yang dihadapinya. “Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan dan pengabdian yang telah diberikan selama menjabat menjadi Kapolri selama 1 tahun 3 bulan,” kata Tito kepada Jenderal Badrodin Haiti.

Ia menegaskan, komitmen dan niat yang baik menjadi landasannya untuk membawa Polri mencapai visi dan misinya dalam memberikan  pelayanan yang terbaik bagi bangsa, masyarakat, dan negara yang selaras dengan program kebijakan pemerintah yang tertuang dalam rencana kerja strategis Polri

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Tito Karnavian telah dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Jend Pol. Badrodin Haiti yang akan memasuki masa purna bhakti, di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (13/7) siang. Dalam kesempatan itu, Presiden juga menerbitkan Keputusan untuk menaikkan pangkat Tito dari Komjen (bintang tiga) menjadi Jenderal (bintang empat).

Ucapan Selamat

Sementara itu Jend Pol. Badrodin Haiti menyampaikan bahwa kinerja Polri menjadi sorotan publik dalam percepatan pembangunan nasional. Ia mengungkapkan, peningkatan kinerja Polri dilakukan secara terus-menerus meskipun dihadapkan pada keterbatasan sumber daya yang ada.

Menurut Badrodin, aksi dan solusi yang tepat menjadi langkah nyata untuk mewujudkan upaya pelayanan masyarakat yang maksimal. “Saya berharap Polri di bawah kepemimpinan Tito Karnavian akan mampu menjawab tantangan ke depan, dan Polri menjadi institusi yang profesional, unggul dan dipercaya masyarakat. Selamat bertugas, semoga sukses,” kata Badrodin.

Dalam upacara dilakukan juga pembacaan SK pengangkatan, penyerahan tongkat komando, penandatanganan Surat Berita Acara Sertijab dan pakta integritas yang disaksikan langsung oleh Jend Pol. Badrodin Haiti.

Sejumlah tamu undangan turut mengahdiri upacara sertijab Kapolri itu, di antaranya Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry M. Baldan, Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo, para pimpinan lembaga negara, pejabat di Kepolisian RI, serta tamu undangan lainnya.