Jengkol dan Pete Mulai Diminati Luar Negeri

173
Ilustrasi Jengkol

TANGERANG-Indonesia sebagai negara tropis memiliki keunggulan dalam produk pertaniannya, tak seperti negara-negara lain di dunia. Iklim, suhu udara dan cuaca yang menjadikan negara kita sebagai negara tropis memberikan keuntungan tersendiri, jika mampu dikelola dengan baik.

Hal itu, seperti ditegaskan Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian RI Banun Harpini.

“Jadi kita negara tropis dan produk kita sangat beragam, bicara buah saja kita memiliki komparative advantage yang bagus,” kata Banun dihadapan para petani dan eksportir hasil pertanian Indonesia, di gedung 600 Bandara Soekarno-Hatta.

Keunggulan komparatife (comparative advantages) ini lanjut Banun, mendorong negara-negara importir yaitu negara sub tropis menikmati hasil pertanian di Indonesi yang kaya ragam dan jenisnya.

“Karena negara negara importir itu negara sub tropis, dia tidak memiliki iklim yang kaya Indonesia, dan ini adalah peluang bagus bagi pelaku bisnis unuk kita bisa memanfaatkan keunggulan komparatif indonesia tadi,” katanya.

Saat ini, kata Banun, tak hanya produk pertanian yang bisa menjadi produk pangan olahan seperti Cacao saja yang diminati importir.

“Sekarang Jengkol dan Pete mulai Happening permintaanya di luar negeri, inilah keunggulan kita. Untuk datanya saya belum hafal, tapi dua komoditi ini sedang merangkak,” kata Banun. (Raja Tama)