Jokowi Prioritaskan SDM, PDIP: Terobosan Brilian

Sunday 20 Oct 2019, 8 : 05 pm
PDIP Darmadi Durianto

JAKARTA-Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul akan menjadi program prioritas presiden Jokowi dalam pemerintahannya yang kedua. Hal tersebut diutarakan Jokowi dalam pidato kenegaraannya di gedung parlemen pasca pengukuhan dirinya sebagai presiden RI untuk periode 2019-2024.

Menanggapi pidato Jokowi tersebut, politikus PDIP Darmadi Durianto menilai, program Jokowi di periode kedua pemerintahannya dengan menekankan akan pentingnya pembangunan SDM patut diacungi jempol.

“Ditengah kompetisi global yang makin ketat maka sudah tepat langkah pak presiden dengan mengupgrade kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif agar punya daya saing yang mumpuni,” kata Bendahara Megawati Institute itu kepada wartawan di Jakarta Minggu, (20/10/2019).

Menurutnya, limpahan bonus demografi harus dijadikan tantangan dan peluang yang dapat berkontribusi banyak terhadap pembangunan negara ini kedepannya. 

“Dengan memprioritaskan pembangunan SDM ditengah limpahan bonus demografi kita saat ini saya kira itu adalah terobosan yang sangat brilian. Bangsa ini harus menjadi bangsa yang unggul, jadi bangsa yang berdikari dalam mengelola sumber daya alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini,” tandas Legislator dari dapil III DKI Jakarta itu.

Kendati demikian, Darmadi juga menekankan agar program tersebut dapat terlaksana dengan baik maka pemerintah perlu mempersiapkan infrastruktur yang memadai guna menopang cita-cita tersebut. 

“Pendidikan sebagai infrastruktur utama dalam mensukseskan pembangunan SDM mesti dibangun untuk menopang program tersebut,” ujarnya.

Menurutnya lagi, pemerintah juga mesti memperhatikan berbagai persoalan yang selama ini masih perlu perhatian serius. 

“Misalnya soal stunting, pemerintah mesti menurunkan angka stunting. Pendidikan vocational dinaikkan. Kurikulum pendidikan disesuaikan dengan situasi saat ini karena saat ini masa penuh dengan disrupsi. Pemerataan kualitas pendidikan disemua wilayah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam pidato kenegaraannya di DPR hari ini, Jokowi salah satunya akan menggenjot pembangunan SDM sebagai program prioritas dalam periode kedua pemerintahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fitch Beri Peringkat Final Obligasi Japfa di Level Stabil

JAKARTA – Lembaga pemeringkat utang internasional, Fitch Ratings memberi peringkat

Penerapan Industri 4.0 Mampu Kerek Daya Saing Sektor IKM

JAKARTA-Revolusi industri 4.0 merupakan sebuah keniscayaan yang harus dihadapi oleh