Jokowi: Semua Harus Sadar Betapa Pentingnya NKRI

1059
Presiden Jokowi memberikan selamat kepada Paskibraka yang telah dikukuhkan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8).

JAKARTA-Presiden Joko Widodo mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Istana Negara, Selasa (15/8).

Paskibraka yang terpilih tersebut terdiri dari 68 putra dan putri dari 34 provinsi yang nantinya bertugas menjadi pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2017.

Prosesi pengukuhan berlangsung dengan khidmat diawali dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

“Dengan memohon rida Tuhan Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan Saudara-saudara sebagai Paskibrakayang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2017 sebagai tanda dikukuhkannya Paskibraka di seluruh tanah air, Indonesia. Semoga dapat melaksanakan tugas ini dengan baik,” tutur Presiden yang setelah itu dilanjutkan dengan menyematkan lencana kepada perwakilan Paskibraka.

Upacara pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Menteri diantaranya Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Menpora Imam Nahrawi, Mendikbud Muhadjir Effendy, KSP Teten Masduki, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Usai memberikan selamat kepada anggota Paskibraka, Presiden Jokowi berpesan agar sesama anggota Paskibraka yang berasal dari 34 provinsi bisa saling mengenal.

Proses pengenalan ini sangat penting agar anggota Paskibraka dapat mengetahui karakter dan budaya yang ada di Indonesia.

Apalagi, Indonesia ini sangat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama dan ras.

“Anak-anak semuanya Paskibraka harus menyadari itu. Dan itu juga nanti menyampaikan kepada teman-temannya yang lain betapa pentingnya NKRI, ideologi negara Pancasila, betapa pentingnya merawat persaudaraan sebangsa dan setanah air karena memang kita ini berbeda-beda,” tutur Presiden.