Juli 2019, Penjualan Eceran Tumbuh Meningkat

Tuesday 10 Sep 2019, 2 : 40 pm
by
BI
ilustrasi

JAKARTA-Penjualan eceran pada Juli 2019 terindikasi mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) yang tumbuh 2,4% (yoy), meningkat dari IPR pada bulan sebelumnya yang tercatat tumbuh -1,8% (yoy).

“Peningkatan tersebut terutama didorong oleh penjualan eceran kelompok Suku Cadang dan Aksesori, dan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Selasa (10/9).

Menurutnya, penjualan eceran diprakirakan tumbuh meningkat pada Agustus 2019. Hal tersebut terindikasi dari prakiraan pertumbuhan IPR Agustus 2019 yang meningkat menjadi 3,7% (yoy) ditopang oleh peningkatan penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

Selain itu, penjualan kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau dan kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi juga membaik sejalan dengan faktor musiman berupa maraknya promosi dan diskon penjualan menyambut perayaan hari raya kemerdekaan.

Dijelaskannya, hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam enam bulan mendatang (Januari 2020) diprakirakan akan menurun.

“Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 6 bulan yang akan datang sebesar 161,1 lebih rendah dibandingkan dengan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 162,5,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPR: Presiden Kecewa Prosedur Investasi Rumit

JAKARTA-Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menilai pernyataan Presiden Joko Widodo

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Sangat Positif

Oleh: Lusius Karus Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam sidang