Kanker Serviks dan Kanker Payudara Jadi Mesin Pembunuh Wanita Indonesia

Saturday 25 Nov 2017, 10 : 33 pm
by
Komunitas Peduli Kesehatan Reproduksi Indonesia usai Seminar dan Pemeriksaan Payudara Gratis di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Jumat (24/11)

PONTIANAK-Ketua Komunitas Peduli Kesehatan Reproduksi (KPKR) Indonesia, Angelia Diaeka Jenneri Ria mengatakan kanker serviks dan kanker payudara kian mengkhawatirkan. 

Dua jenis kanker itu, telah menjadi mesin pembunuh wanita Indonesia yang sangat ditakuti.

“Harus disadari, dua jenis kanker itu sudah menjadi mesin pembunuh wanita Indonesia saat ini,” kata Angelia dalam seminar bertajuk Pengenalan Sejak Dini Gejala Kanker Rahim dan Kanker Payudara, yang akan diselenggarakan di Pahauman, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Jumat, (24/11).

Angelia menyebut, untuk mencegah dan melawan dua jenis kanker itu, diperlukan berbagai upaya yang melibatkan banyak pihak.

Selain memberikan edukasi tentang kanker dan bahayanya, upaya itu juga turut membantu masyarakat, khususnya kelompok wanita, untuk melakukan pencegahan dini terhadap kanker rahim dan payudara.

“Perlu partisipasi dari seluruh stakeholder untuk mencegahnya,” kata Angelia.

Angelia mengungkapkan, kegiatan yang digagas KPKR di Landak, Kalimantan Barat itu merupakan bagian dari upaya mensosialisasikan pentingnya kesehatan reproduksi kepada masyarakat, sekaligus berbagi informasi kesehatan reproduksi dalam rangka mencegah kanker serviks dan kanker payudara, khususnya di Kalimantan Barat.

Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama KPKR Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Landak. Selain seminar, KPKR Indonesia juga menggelar pemeriksaan payudara gratis yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Landak.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, drg. Nuraini Magdalena Sitinjak mengingatkan pentingnya upaya pencegahan dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Nuraini mengaku, Pemkab Landak senantiasa memberikan dukungan bagi setiap upaya edukasi kesehatan reproduksi demi mencegah terjadinya kasus kanker serviks dan payudara di Landak.

Koordinator KPKR Indonesia wilayah Landak, Kresensia Novika Lely Yosmawati,  menambahkan aksi peduli kesehatan reproduksi wilayah Landak akan terus ditingkatkan ke depannya. Hal ini akan dilakukan dengan metode yang edukatif, juga dengan melibatkan berbagai stakeholder di Landak.

“Pemerintah daerah, komunitas-komunitas masyarakat dan semua pihak kita ajak bergabung. Gerakan ini perlu digalakan secara massif,” kata Novika.

Ketua Panitia kegiatan, Agustina Doren mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama KPKR dengan Pemerintah Kabupaten Landak.

Dia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Landak yang mendukung upaya membangun kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan reproduksi di Kalimantan Barat, khususnya di Landak.

“Kegiatan serupa akan kita gelar di beberapa daerah lainnya. Tentu dengan misi yang sama,” imbuh Doren.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Curah Hujan Tinggi, Pemerintah Perlu Perkuat Keselamatan Transportasi Publik

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti rusaknya sejumlah fasilitas atau

Tingkatkan Raising Fund, OJK Fokus Seimbangkan Supply dan Demand

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku akan lebih fokus menjaga keseimbangan