Kawkat Gelar Aksi Donor Darah di Gereja Polikarpus

Saturday 16 Nov 2019, 10 : 31 pm
by
Keluarga Kawanua Katolik Jakarta (Kawkat) menggelar aksi donor darah di komplek Gereja Santo Polikarpus, Grogol, Sabtu (16/11/2019

JAKARTA-Keluarga Kawanua Katolik Jakarta (Kawkat) menggelar aksi donor darah di komplek Gereja Santo Polikarpus, Grogol, Sabtu (16/11/2019).

Aksi donor darah yang digelar Kawkat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Laboratorium Prodia, Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI), dan Gereja stasi Santo Polikarpus, merupakan salah satu rangkaian program bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan menyambut Natal dan Tahun Baru.

Aksi donor darah diikuti oleh anggota Kawanua Katolik, Sekolah Polisi Wanita (Polwan), dan Polres Jakarta Barat.

Kawkat memilih donor darah sebagai salah satu rangkaian program bakti sosial karena kebutuhan darah di Indonesia hingga saat ini masih belum terpenuhi seluruhnya.

Berdasarkan perhitungan WHO, setiap tahunya kebutuhan darah dunia yang harus dipenuhi adalah 2% dari jumlah penduduk. Untuk Indonesia kebutuhan darah setiap tahunnya diperkirakan mencapai 5,2 juta kantong darah. Kebutuhan itu baru terpenuhi sekitar 92% yang berasal dari PMI.

Nah, 8% sisanya itulah yang harus dipenuhi oleh donor darah sukarela.

Sebelumnya termasuk dalam rangkaian kegiatan bakti sosial, Kawkat telah melakukan pemulangan jenazah salah satu umat paroki dari keluarga yang kurang mampu, yang meninggal di RSPAD Gatot Subroto, ke kampung halaman di Manado pada 26 Oktober 2019.

Selanjutnya, Kawkat juga memberikan bantuan dana untuk pengadaan sound system di salah satu gereja Katolik yang baru di Desa Kembes, Kab. Minahasa Sulawesi Utara, pada14 November 2019.

Selain itu, sebagai puncak program bakti sosial, Kawkat juga akan menggelar Operasi Mata Katarak Gratis di Bekasi pada akhir Januari 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Raih Opini WTP Dari BPK

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima secara resmi Laporan Hasil Pemeriksaan

BNI Usung Program Jejak Kopi Katulistiwa

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) proaktif mendukung ekosistem