KEIN Gandeng Telkom Ciptakan Aplikasi “Logistik Tani”

Friday 1 Jul 2016, 5 : 17 pm
by
Ketua KEIN Soetrisno Bachir

JAKARTA-Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) menggandeng perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom untuk membuat aplikasi mobile yang dinamakan “logistik tani”. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi ketidakjelasan data komoditas pangan di Indonesia.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pangan KEIN, Benny Pasaribu mengatakan, aplikasi ini nantinya di jalankan oleh Telkom sendiri sebagai operatornya, sedangkan untuk penggunaannya akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurutnya, dengan adanya aplikasi “LOGISTIK TANI” tersebut diharapkan data komoditas bisa menjadi jelas dan akurat, tidak ada lagi berbicara kira-kira, demikian dijelaskannya melalui siaran persnya kepada media hari ini.  “Jadi semuanya jelas dan perubahan-perubahan yang ada juga bisa terdata dengan baik,” kata Benny di Kantor KEIN, Jakarta, Kamis (30/6).

Benny berharap agar karut marut data komoditas pangan dapat ditekan dengan sistem aplikasi dan integrasi logistik pangan yang dibuat Telkom tersebut.  “Dashboard aplikasi ini nantinya akan ada di Kantor KEIN, sehingga jika Presiden datang ke kantor KEIN bisa langsung melihat situasi pangan, situasi daging sapi, yang tidak ada stok itu di daerah mana, jadi semuanya akan terpantau secara keseluruhan,” kata Benny.

Sementara pada kesempatan yang sama, Indra Utoyo Director of Digital and Strategic Portfolio Telkom Indonesia mengatakan, melalui Sistem Kedaulatan Pangan KSP, KEIN, BUMN, AGRO,, PEMPROV, PEMKAB, SWASTA DAN Lembaga Tinggi lainya akan bisa mengakses aplikasi tersebut.  “Manfaatnya adalah Continous improvement, maka semua data akan lebih akurat,” kata Indra. Ia melanjutkan, keunggulan lain aplikasi ini yaitu bisa mengoneksikan dengan ekosistem, mengontrol, dan automatically improvement, sehingga tidak bergantung pada data BPS.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya program ini BPS akan terbantu dengan aplikasi yang diciptakan dalam bentuk software yang bisa di download dan di akses melalui gadget serta bisa diakses oleh semua orang baik itu stakeholders atau para petani.  “Data tunggal petani, dari masing-masing gadget yang tersebar, akan dibuatkan agregat data,” kata Indra.

Sebelumnya, Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan, perkembangan teknologi yang ada saat ini bisa memberikan memberikan manfaat kepada negara.  Misalnya sekarang ini di pemerintahan sendiri sudah ada E-goverment. Dengan aplikasi ini pelayanan kepada publik menjadi lebih cepat, efektif dan transparan.  “Itu kan sudah mengahalangi untuk orang yang melakukan tender-tender dengan cara yang tidak baik,” kata Soetrisno Bachir.

Ia juga berharap agar telkom bisa menjadi pioner gerakan pemberantasan korupsi dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Terkait dengan persoalan data komoditas tersebut, pihaknya juga mengatakan bahwa persoalan pangan ini sudah hampir puluhan tahun, oleh sebab itu kita harus mencari terobosan-terobosan baru dan solusi untuk menyelesaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Musim Kemarau Panjang, Warga Tangsel Antri Air Bersih

TANGERANG-Musim kemarau berkepanjangan yang melanda seluruh wilayah Tangerang, membuat warga

Harga Minyak Turun, Tarif Listrik pun Turun

JAKARTA-Tarif listrik untuk 12 golongan turun pada Agustus 2016. Adapun