KEIN: Semua SDA Indonesia Diolah Sebelum Diekspor

Thursday 23 Jun 2016, 2 : 40 pm
by
Ketua KEIN, Soetrisno Bachir

JAKARTA-Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN ) mengharapkan agar semua sumber daya alam (SDA) yang ada di Indonesia diolah di dalam negeri terlebih dahulu sebelum di eskpor.

Penyataan tersebut disampaikan Ketua KEIN, Soetrisno Bachir saat membuka Focuss Group Discussion (FGD) Pokja Energi KEIN bersama Asosiasi Pertambangan Indonesia dalam rangka terkait penyusunan roadmap industrialisasi pertambangan Indonesia.  “Permintaan Presiden Joko Widodo kepada KEIN adalah bagaimana semua bahan sumber daya alam ini harus diolah di dalam negeri, lalu kemudian baru kita eskpor atau kita gunakan lagi di dalam negeri,” kata Soetrisno dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (23/6).

Soetrisno mengaku mendengar keluhan dari tokoh-tokoh masyarakat serta para elit yang menyebutkan Indonesia gagal menyejahterakan rakyatnya setelah mengekploitasi sumber daya alam.  “Mulai dari batubara, minyak dan terakhir mineral. Dan mineral ini dianggap juga yang membuat malapetaka bagi bangsa kita,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, KEIN akan mencari solusi guna menjawab persoalan itu. Apalagi, ada komunitas yang tidak mungkin atau tidak ekonomis kalau itu diproses terlebih dahulu di dalam negeri.  “Itu yang diinginkan oleh Presiden Jokowi, sehingga jika ada keberatan-keberatan nanti bisa kita diskusikan. Misalnya, beberapa waktu lalu kita kedatangan dua pemangku kebijakan, yang satu minta nikel ini tetap di ekspor, yang satu lagi minta ekspor jangan dieskpor. Karena menurunya ini sudah baggus, sebab Indonesia sudah membuat pabrik-pabriknya,” katanya menjelaskan.

Meski demikian, tetap saja banyak ekonom yang tidak setuju. Alasan, pabriknya belum bisa menyerap nikel-nikel yang ada. Sehingga hal itu bisa menurunkan devisa negara. “Kita harus melihat visinya Pak Jokowi, karena selama ini kita melihat hanya mengekploitasi dan tanpa audit value, jadi yang untung hanya segelintir orang saja. Tapi masyarakat, khususnya di daerah tersebut yang tidak sejahtera,” ujar Soetrisno.

Dia juga mengajak kepada peserta FGD untuk terbuka, karena KEIN ini bukan eskekutor, melainkan untuk menjadi mata dan telinga Presiden dalam bidang ekonomi dan industri nasional.

Tugas KEIN yaitu, pertama, membuat kajian strategis di bidang industri; kedua, menyampaikan masukan kepada presiden yang bisa dieksekusi dan bukan sesuatu yang sifatnya terlalu makro, dan ketiga, membuat roadmap industrialisasi Indonesia hingga 2045.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Stok Beras dan Pangan Lainnya Jelang Lebaran Cukup

JAKARTA-Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan stok beras

Sukses Tekan Beban, MPPA Mampu Turunkan Kerugian di 2020 Jadi Rp405,31 M

JAKARTA-Kinerja keuangan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) pada 2020