Kematangan Berpolitik dan Berdemokrasi Bangsa Indonesia Sudah Teruji

Friday 24 Aug 2018, 1 : 16 am
by
Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo

Ditanya salah seorang mahasiswa tentang program pembangunan Presiden Jokowi di mana infrastruktur dibangun begitu masif sementara program revolusi mental belum kelihatan bentuknya, Eko menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur adalah instrumen atau alat untuk mewujudkan peradaban baru, konektivitas baru, kebudayaan baru.

“Infrastruktur itu mengubah cara pandang masyarakat, membuka keterisolasian, dan membangun kebiasaan-kebiasaan baru dalam masyarakat,”ujar Eko.

Dia juga mengajak para mahasiswa juga tidak mudah terpancing dan emosi dengan berita-berita bohong, berita palsu, informasi menyesatkan.

Menjawab pertanyaan bagaimana caranya mengetahui informasi-informasi yang tepat tentang program pembangunan yang dikerjakan pemerintah, Eko menjawab bahwa pemerintah telah menyediakan informasi dan data-data resmi yang dapat diakses oleh publik. Selain itu, partisipasi masyarakat untuk ikut memerangi penyebaran berita-berita bohong juga makin meningkat.

Oleh karena itu, dia mengajak para mahasiswa untuk menggunakan akal sehat dan rasionalitasnya saat mengonsumsi informasi.
Eko optimis bahwa kedewasaan berpolitik masyarakat akan semakin baik dan meningkat, sehingga Indonesia dapat menunjukkan kepada bangsa-bangsa di dunia, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia juga menjadi salah satu negara demokratis yang terbesar di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sejarah Terkikis Karena Pergantian Rezim

JAKARTA-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengungkapkan sejarah itu diperlukan untuk generasi

Kinerja Airlangga Diapresiasi, LPEM UI:  Manfaat Besar  Kartu Prakerja Meningkatkan Keahlian

JAKARTA- Program Kartu Prakerja mendapat sambutan positif dalam International Conference