Kembangkan Mobil All New Sienta, Toyota Investasi Rp 2,5 Triliun

32
Menperin, Saleh Husin saat meresmikan Peluncuran All New Sienta Made in Indonesia produksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia - Karawang Plant 2 di Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat, (25 /7)

KARAWANG-PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi meluncurkan produk mobil baru ‘All New Sienta   di Karawang, Senin (25/7). Hebatnya, Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang yang memproduksi Sienta  sekaligus pengalaman pertama kalinya Toyota Compact Car Company mendukung produksi di luar Jepang. “Ke depan, Toyota akan terus berkontribusi maksimum pada industri otomotif Indonesia,” kata Manager Officer Toyota Motor East Japan Inc Mitsuo Ookubo Senin (25/7).

Dia  mengatakan Indonesia telah memainkan peran penting dalam produksi dan ekspor Toyota baik kendaraan, mesin dan komponen. “Indonesia merupakan negara pertama di luar Jepang yang memproduksi Sienta ini,” terangnya.

Presiden Direktur PT. TMMIN Masahiro Nonami mengatakan total nilai investasi pengembangan produksi mobil All New Sienta di Karawang Plant sebesar Rp 2,5 triliun dengan kapasitas produksi mencapai 4.000 unit per bulan. “Kandungan lokal New Sienta mencapai 80 persen. Mobil merupakan buatan Indonesia dengan hasil upaya SDM Indonesia,” ujarnya bangga.

Pihaknya juga akan mengekspor New Sienta ke kawasan Asia Tenggara mulai akhir tahun ini.

Hingga kini produksi Toyota di Indonesia telah melibatkan total 709 pemasok lokal yang terdiri dari pemasok kategori tier 1, 2 dan 3. Khusus tier 1, jumlah pemasok terus bertambah, jika pada 2010 tercatat 75 perusahaan, lalu naik pada 2015 menjadi 125 pemasok dan terus bertambah menjadi 139 pemasok pada tahun 2016 ini.

Di samping menambah investasi, pengembangan produksi All New Sienta ini juga akan menambah karyawan baru, serta akan meningkatkan jumlah dan kepemilikan pemasok (supplier) lokal dalam kegiatan produksinya sehingga pada akhirnya akan memberikan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian Indonesia.

Sejauh ini produk Toyota dalam bentuk CBU, CKD, engine (mesin), komponen, parts, dan alat bantu produksi (jig and dies) yang dibuat di Indonesia telah diekspor ke lebih dari 70 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, Oseania, Pasifik, dan Timur Tengah. Pada tahun 2015, ekspor kendaraan utuh Toyota dari Indonesia mencapai 176.700 unit atau sekitar 85% dari total ekspor kendaraan utuh dari Indonesia.

Turut hadir Asisten Daerah Regional II Provinsi Jawa Barat Deny Juanda, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Minister of Japan Embassy in Indonesia Kouzou Honsei, Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Struktur Industri Ngakan Timur Antara, Staf Khusus Menperin Sanny Iskandar, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis, Komisaris TMMIN Johnny Darmawan, Wakil Presdir TMMIN Warih Andang Tjahyono, Direktur TMMIN I Made Dana Tangkas, dan Direktur Astra International Djoko Pranoto.