Kemendag Bantu Pelaku Usaha Garap Pasar di Afrika

37

JAKARTA-Pesatnya laju pertumbuhan ekonomi dan tingginya tingkat konsumsi penduduk di negara-negara Afrika merupakan peluang yang perlu digarap dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha Indonesia. Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami usai penandatanganan kesepakatan bisnis antara PT. Visi Karya Agritama (AgriVision) dan CV. Tirta Ayu Spa dengan Association Exchanges Indonesia-Cameroon di kantor Kemendag, Rabu (4/7).

Menurut Gusmardi, ¬†kerja sama yang berhasil difasilitasi oleh Ditjen PEN ini merupakan wujud nyata upaya para pelaku usaha dalam negeri menembus pasar non tradisional di Afrika dengan menjadikan Kamerun sebagai salah satu pintu masuk ke negara-negara di kawasan Afrika Barat seperti Chad, Kongo dan Gabon.PT. Visi Karya Agritama adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis pupuk dan energi ramah lingkungan. Perusahaan ini telah menandatangani naskah kesepakatan untuk memasok pupuk organik ke pasar Kamerun. “Keberhasilan yang diraih oleh PT. Visi Karya Agritama tersebut tidak lepas dari peran serta Kemendag, melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos, Nigeria. Kemendag memfasilitasi PT. Visi Karya Agritama untuk melakukan kontak dagang dengan beberapa buyers saat perusahaan tersebut melakukan promosi pemasaran ke Nigeria pada tahun 2011,” jelas Dirjen PEN.

Selain itu, perusahaan ini juga memperoleh informasi langsung dari ITPC Lagos mengenai prospek pasar di Nigeria dan negara-negara sekitarnya untuk produk pupuk pertanian, yang kemudian digunakan sebagai dasar Penyusunan strategi pemasaran ke wilayah Afrika Barat, salah satunya Kamerun.

Pada kesempatan yang sama, CV. Tirta Ayu Spa, perusahaan kosmetik spa khusus untuk wanita berbahan dasar rempah-rempah alami Indonesia, juga menandatangani kesepakatan bisnis dalam rangka ekspansi usaha spa di pasar Afrika. Sejak tahun 2010, CV. Tirta Ayu Spa sudah mendirikan sebuah outletspa di salah satu kota terbesar di Afrika,Douala.

Pada tahun 2013 perusahaan ini berencana mendirikan tiga outlet baru di negara tersebut yang salah satunya berlokasi di ibukota Kamerun, Yaounde. Selain itu, CV. Tirta Ayu Spa juga akan mendirikan sebuah outlet di Cape Town, Afrika Selatan sebagai hasil dari kontak dagang yang diperolehnya pada Trade Expo Indonesia(TEI) 2012 yang lalu.