Kemendag Gelar Pasar Murah Bagi Masyarakat

Thursday 26 Jun 2014, 8 : 41 pm
by
Mendag Muhammad Lutfie

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar pasar murah untuk membantu meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah guna memenuhi kebutuhan pokok, baik pangan maupun sandang dalam menyambut bulan puasa dan Lebaran.

“Pasar murah ini dimulai 26 Juni-22 Juli 2014. Ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Kemendag dalam menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok, baik pangan maupun sandang, dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang berada di sekitar lingkungan Kemendag,” ujar Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dalam acara pembukaan pasar murah Kemendag, di Jakarta Kamis (26/6).

Untuk pasar murah kali ini, Kemendag menyediakan 50 stan yang ditempati antara lain oleh Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI), Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (PINSAR) Indonesia, Asosiasi Pedagang Gula Indonesia (APGI), Asosiasi Pengusaha Protein Hewani Indonesia (APPHI), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Daging Skala UKM dan Rumah Tangga (ASPEDATA), Asosiasi Distributor Daging Sapi Indonesia (ADDI), Perum BULOG, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), National Meat Processor Association Indonesia (NAMPA), Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (APTINDO), Pasar Induk Kramat Jati, PT. Sarinah (Persero), serta UKM pangan dan nonpangan binaan Kemendag.

Barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah Kemendag meliputi produk pangan hasil industri (beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu), hasil peternakan (daging sapi, daging ayam, telur ayam), produk hortikultura (buah dan sayur), pangan olahan, serta produk UKM (makanan dan pakaian).

Barang-barang tersebut dijual dengan harga lebih rendah dari harga pasar.

“Penyelenggaraan pasar murah ini akan mendekatkan produsen kepada konsumen sekaligus memotong jalur distribusi, sehingga diharapkan konsumen dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga terjangkau. Di samping itu, pasar murah juga menjadi ajang bagi para pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk-produknya,” tegas Mendag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pertamina Turunkan Harga Avtur

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga jual avtur yang berlaku

Gamestop, Jiwasraya dan ASABRI: Kritik Terbuka Untuk Dahlan Iskan

Oleh: Salamuddin Daeng Fenomena saham Gamestop menjadi berita heboh dalam