Kemenkeu: THR PNS Sudah Cair Rp 3,8 Triliun

60
Ilustrasi

JAKARTA-Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengakui dana Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah cair sebesar Rp 3,8 triliun dari total dana pensiun yang dicairkan mencapai Rp6,5 Triliun. “Ya, sampai jam 1 sudah cair Rp 3,8 triliun,” kata Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto¬† Harjowiryono di Jakarta, Senin (19/6/2017).

Menurut Marwanto, pencairan dana Rp 3,8 triliun berasal dari sekitar 11.500 satuan kerja (satker) dari total satker yang berjumlah 25.000.

Pencairan dapat diproses dengan cepat jika para Satker mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). “Jadi kecepatan, ketepatan satker menjadi yang menentukan, semakin cepat mengajukan ke KPPN, itu semakin cepat,” ujarnya

Marwanto berharap, sisa dari 25.000 satker bisa menyelesaikan proses sebelum jadwal libur bersama yang telah ditetapkan pemerintah. “Rp 3,8 triliun itu berasal dari sekitar 11.500 satker, dengan demikian sebelum libur ini sudah terdistribusi,” jelasnya.

Pencairan juga berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.05/2017, tentang Perubahan Atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016, tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, Atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan. “Dana yang telah dicairkan untuk pensiunan ke-13 mencapai Rp 6,5 triliun,” ucapnya.

Pencairan dana pensiun ke-13 ini dilakukan melalui dua perusahaan pelat merah, yakni PT Taspen (Persero) dan PT Asabri. Dari total Rp 6,5 triliun, PT Taspen telah mencairkan Rp 5,6 triliun. Lalu sisanya Asabri mencapai Rp 900 miliar.

“Untuk pensiunan ke-13 telah disalurkan semuanya ke Taspen dan Asabri minggu lalu, hari ini dana tersebut akan disalurkan ke para pensiunan melalui mitra kerja dan kantor Pos,” imbuhnya. ***