Kemenpar Luncurkan Top 4 Calendar of Event NTT 2018

Saturday 9 Jun 2018, 12 : 16 pm
by

JAKARTA-Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) meluncurkan Top 4 Calendar of Event Nusa Tenggara Timur 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Kamis (7/6).
Launching ini menampilkan 24 event sepanjang tahun di mana 4 di antaranya (Top 4) masuk ke dalam Top 100 Wonderful Indonesia Calendar of Event, yaitu Festival Komodo (5-10 Maret 2018), Parade Sandalwood dan Tenun Ikat Sumba (5-12 Juli 2018), Festival Likurai Timor (24-28 Juli 2018), dan Tour De Flores (1-7 November 2018).

Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam launching ini, menyampaikan pujian kepada keindahan alam, kekayaan kesenian budaya dan sejarah yang dimiliki NTT hingga mampu menarik banyak kunjungan wisman.
Menpar Arief juga menyetujui ditetapkannya Festival Kebangsaan di Ende untuk masuk dalam bagian Calendar of Event (CoE).

“Tahun depan saya setuju ada Festival Kebangsaan pada 1 Juni di Ende, jadi mohon dibuat dengan bagus. Kalau dari sisi fashion, tenun NTT yang terbaik di Indonesia. Kalau ada yang pernah datang ke Ende pasti akan terenyuh membayangkan Bung Karno merumuskan Pancasila di sana,” ujarnya.

Menpar Arief menargetkan beberapa penambahan infrastuktur dan mendorong pemerintah daerah NTT untuk terus meningkatkan aksesibilitas dan amenitas.

Apalagi Labuan Bajo di NTT juga ditetapkan sebagai salah satu dari 4 Destinasi Super Prioritas dan destinasi kunjungan IMF-WB pada bulan Oktober 2018.

“Kita punya 10 destinasi prioritas, populer disebut “Bali Baru” dan NTT menyebut dirinya sebagai New Tourism Territory. Dari 10 Bali baru itu, Presiden menetapkan super prioritas, ada empat yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo. Mohon para tokoh (di NTT) manfaatkan dengan baik,” kata Menpar.

Menpar Arief juga menyampaikan Target 2018 Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Labuan Bajo yang meliputi pembangunan pedestrian di Jalan Soekarno Hatta, pembangunan Pusat Wisata Kuliner Kampung Ujung, pembangunan RTH di Kampung Air (ex Sail Komodo), pembangunan jembatan penghubung Kampung Air dengan Bukit Pramuka, pemasangan 20 titik mooring buoy di TN Komodo.

Untuk aksesibilitas, Menpar Arief mengatakan, syarat utama menjadi destinasi internasional itu harus memiliki Bandara Internasional. Tahun 2018 diharapkan fasilitas dasar untuk Bandara Internasional sudah siap meliputi fasilitas navigasi, perkerasan runway, dan perbaikan apron.

Diharapkan tahun 2019 akan ada penerbangan internasional di NTT sehingga tentunya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisman.

“Terkait Bandara Komodo menjadi Bandara Internasional, pihak Kemenhub sedang melelang calon pengelola Bandara Komodo. Diharapakan pengelola dipegang BUMN atau swasta, seperti Silangit yang di kelola AP II,” kata Menpar.

Menpar Arief menyampaikan beberapa Critical Success Factor di Labuan Bajo, seperti pembangunan rest area & souvenir shop Puncak Waringin, pemindahan pelabuhan peti kemas yang saat ini ada di Labuan Bajo ke Pelabuhan Bari, pembebasan lahan akses pelabuhan ke jalan utama, penerapan Carrying Capacity TN Komodo, dan perhitungan untuk 11 titik selam dimana Oktober akan diterapkan mekanisme pengaturan flow wisatawan dalam kawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Jadwal Operasional BI Selama Lebaran

JAKARTA-Kantor Bank Indonesia (BI), baik pusat dan daerah tidak beroperasi/ditutup

Ekonomi Indonesia Terkena ‘Demam’ Akibat Kegelisahan Dunia

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin