Kemenperin Siapkan Tax Holiday Bagi Investor Taiwan

Saturday 25 May 2019, 12 : 39 am
by

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membidik muculnya investasi-investasi baru bidang industri dari negara Taiwan selain berkolaborasi dengan lembaga teknologi dari negara berjuluk Naga Kecil Asia.

Saat ini, Kemenperin terus mendorong pengembangan teknologi di sektor industri, dengan mendirikan Digital Capability Center (DCC).

Pusat kemampuan digital ini akan dibangun sebagai bagian dari implemetasi peta jalan Making Indonesia 4.0 guna meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor manufaktur di era industri 4.0.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah Indonesia sedang konsen memberikan tax holiday dan fasilitas lain yang dibutuhkan oleh para investor. Terutama sektor-setor yang dapat membuka lapangan kerja banyak, menjadi substitusi impor, serta meningkatkan ekspor.

“Kebutuhan di sektor-sektor tersebut merupakan pertimbangan pemerintah untuk membuka kesempatan investasi. Dengan ini, para investor dapat memperoleh keuntungan dalam berbisnis, tidak hanya untuk memenuhi pasar ekspor, tetapi juga memasok pasar domestik yang luas,” jelasnya.

Sejak tahun lalu, Taiwan tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Indonesia khususnya di sektor manufaktur guna memperkuat perekonomian kedua negara. Sektor yang potensial untuk dikolaborasikan, antara lain industri perkapalan, pengolahan logam, ICT & Smart City dan teknologi bahan pangan.

Sementara itu, pada tahun 2017, total perdagangan kedua negara mencapai USD7,4 miliar dan Taiwan berada di peringkat ke-11 sebagai mitra impor maupun ekspor perdagangan global Indonesia. Sementara itu, jumlah investasi langsung Indonesia di Taiwan sebesar USD32,2 miliar. Sedangkan, penanaman modal langsung Taiwan di Indonesia sekitar USD397 juta menjadikan Taiwan sebagai investor urutan ke-14 terbesar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Beternak Kegaduhan

Oleh: Dr. M. Kapitra Ampera, SH., MH Di Negara demokrasi

KOPITU dan BRIN Teken MoU Bantu UKM Go Internasional

JAKARTA-Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) dan Badan