Kementerian PUPR Kembangkan Dua Kawasan Metropolitan Baru

Kementerian PUPR Kembangkan Dua Kawasan Metropolitan Baru

29
0
BERBAGI

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) melakukan Penyusunan Rencana Pengembangan dua Kawasan Metropolitan Baru yaitu Palembang Raya dan Bitung-Minahasa-Manado (Bimindo).

Kedua Kawasan Metropolitan Baru tersebut akan dikembangkan sebagai pusat investasi baru, pada 2016.

Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan BPIW Kementerian PUPR, Agusta Ersada Sinulingga beberapa waktu lalu mengatakan pengembangan itu sejalan dengan arah kebijakan pembangunan perkotaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Menurut Agusta, pada 2016 ini dilakukan penyusunan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dan Pra-Desain pada beberapa Kawasan Metropolitan seperti Mebidangro (Medan, Binjai, Deliserdang dan Tanah Karo). Kemudian Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur), Cekungan Bandung, dan Kedungsepur (Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan).

Kemudian ada Gerbangkertosusila (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Mojokerto), Sarbagita (Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tabanan), Mamminasata (Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar), dan Kawasan Perkotaan Yogyakarta.

“Kita tahun ini melakukan review masterplan dan development plan. Selanjutnya pada tahun depan kita akan melakukan penyusunan studi kelayakan dan Pra Desain Kawasan Kota Tua Semarang,” kata Agusta.

Pada 2017 juga akan dilakukan Penyusunan Rencana Pengembangan Kawasan Metropolitan Baru yakni Kota Banjarmasin, Banjar, dan Barito Kuala di WPS Palangkaraya, Banjarmasin, dan Batulicin. ***