KEN Identifikasi Cadangan Migas Nasional 5,2 Miliar Barrel

Wednesday 7 Oct 2015, 11 : 29 pm
by
Ketua Komite Eksplorasi Migas Nasional, Andang Bachtiar, Selasa (7/10)

BALIKPAPAN-Komite Eksplorasi Nasional (KEN) telah mengidentifikasikan potensi penambahan cadangan migas nasional sejumlah 5,2 Miliar Barrel Minyak Equivalent (2,7 Miliar Barrel Minyak dan 14 TCF Gas) inplace dari 108 Struktur (status 01.01.2015) dari sumur-sumur penemuan migas (discovery) yang sudah terbukti lewat test berisi migas, akan tetapi belum ditingkatkan statusnya menjadi cadangan nasional.

“Pertemuan pertama dengan  Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang memiliki sumur-sumur discovery tersebut untuk memulai pendataan masalah-masalah yang menghambat realisasinya menjadi cadangan nasional telah dilakukan,” ujar Ketua Komite Eksplorasi Migas Nasional, Andang Bachtiar, Selasa (7/10).

Menurutnya, terdapat exploration targets berupa prospek-prospek dari berbagai KKKS yang telah dibor.

“Dan ada indikasi migas tetapi tidak di-test sejumlah 16,6 Milyar Barrel Minyak Equivalent dari 120 struktur (status 01.01.2015),” lanjut Adang.

Sampai saat ini, jelas Adang, struktur-struktur tersebut tidak diprioritaskan oleh KKKS yang bersangkutan untuk dieksplorasi lebih lanjut karena berbagai masalah, yang mana kalau dalam 1-4 th ke depan masalah-masalah tersebut bisa kita atasi bersama maka pemerintah akan mendapatkan manfaat ditemukannya cadangan-cadangan baru migas tersebut.

Untuk meningkatkan kegiatang eksplorasi, Komite Eksplorasi Nasional merekomendasikan perijinan satu atap, satu pintu, satu meja untuk mengakselerasi eksplorasi migas Indonesia.

Kerumitan jenis dan proses perijinan migas yang memerlukan waktu yang lama dan biaya yang besar harus dihentikan. Kemudahan bagi investor untuk ber-investasi diwujudkan dengan pengurusan perijinan oleh instansi pemerintah c.q Ditjen Migas ke instansi yang mengeluarkan ijin.

“Seluruh perijinan dapat diproses dan dikendalikan dari dan oleh pemerintah sendiri,” ujar Adang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Emrus: Pemilu Ulang Pilpres 2024 Urgen!

JAKARTA–Komunikolog Indonesia, Emrus Sihombing mewacanakan pemilihan ulang Pemilu Presiden (Pilpres)

Harga Batubara Acuan Turun Jadi USD51,20

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan harga Batubara