Kepincut Kenalan di Medsos, Wanita di Tangerang Tertipu Rp 75 Juta

Wednesday 9 Jan 2019, 1 : 55 am
by

TANGERANG-Mahasiswi asal Kota Tangerang berinisial BP (24 tahun), tak menyangka kekasih yang dikenalnya dari media sosial, ternyata seorang penipu dan pemeras ulung. Oleh bujuk rayu kekasihnya itu Rival Jasita, korban mengalami kerugian hingga Rp75 juta rupiah.

Perkenalan keduanya itu, berawal dari media sosial, saat itu, pelaku Rival mengajak korban berkenalan. Dengan rayuan maut dan ketampanan pelaku, korban terperdaya dan menuruti semua kemauan pelaku.

“Awal mula berkenalan di medsos, terus korban diajak pelaku berbisnis dengan imbal hasil keuntungan 30 persen perbulan. Tak lama kemudian keduanya berpacaran,” ucap Kapolsek Tangerang Kompol Ewo Samono, Selasa (8/1/2019).

Pelaku yang mengetahui ketulusan cinta korban kemudian memperdayanya, untuk melakukan pemerasan, rencana itu kemudian di buat korban dari adegan dalam video call antara korban dan pelaku.

“Saat itu, pelaku meminta korban video call sambil menunjukkan bagian tubuhnya sampai dada. Pelaku kemudian menscreenshoot gambar tersebut,” terang Kapolsek.

Dari screenshoot itu, kemudian pelaku berulah dengan mengancam korban akan menyebarkan gambar tersebut ke muka umum. Kecuali jika korban mau mentransfer uang kepada pelaku

“Permintaan pertama Rp35 juta, karena takut disebar korban menuruti, namun berselang pelaku kembali meneror dengan ancaman yang sama. Sampai total uang korban Rp75 juta,” ucap Kapolsek.

Karena korban tak lagi memiliki uang, akhirnya melaporkan kejadian itu ke Polisi.

“Atas laporan tersebut, tim kami bergerak untuk menangkap pelaku Rival Jasita, dengan cara memancing pelaku untuk mengambil sendiri uang korban di suatu tempat,” terang Kapolsek.

Dari pelaku, Polisi menyita dua unit handphone milik pelaku, bukti gambar hasil screen shoot dan bukti transfer uang kepada pelaku.

Atas perbuatannya, Rival Jasita diancam hukuman pidana penjara maksimal 9 tahun sesuai pasal penipuan 378 dan pasal pemerasan 368 KUHPidana. (Raja Tama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pendidikan Karakter Bangsa Harus Mulai Dari Akar Rumput

BOGOR-Pendidikan karakter bangsa harus dimulai dari akar rumput dan itu

Ketersediaan Vaksin Cukup, Menkes: Saatnya Genjot Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19

JAKARTA-Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasokan vaksin COVID-19