Kereta Lintas Asean Dorong Ekonomi Perbatasan

84

JAKARTA-Wacana atau gagasan soal kereta api lintas batas antar negara Asean yang dilontarkan salah satu anggota DPR RI baru-baru ini perlu mendapat apresiasi. Karena kereta lintas batas akan membawa efek domino ekonomi perbatasan. “Wah bagus sekali ide itu. Jika itu terwujud maka Indonesia sebagai satu kesatuan terhubung oleh kereta juga otomatis akan terhubung dulu,” kata Pengamat Transportasi Publik, Azas Tigor Nainggolan saat di Jakarta, Rabu (10/01/2018).

Menurutnya, gagasan tersebut harus terealisasi, maka akan ada efek domino yang cukup bagus yang bisa didapat Indonesia. “Asean sebagai satu kesatuan akan tergambar melalui salah satunya keterhubungan via kereta. Nah itu juga akan mendorong pertumbuhan sosial ekonomi dan politik Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Anggota DPR dari FPDIP Darmadi Durianto melontarkan usulan atau gagasan agar pemerintah melakukan diplomasi kereta api kepada negara-negara Asean khususnya negara yang memiliki perbatasan darat dengan Indonesia.

Dimana nantinya antar negara Asean akan terkoneksi dengan adanya transportasi kereta api lintas batas negara Asean.

Darmadi menegaskan, gagasan tersebut sebagai upaya menggenjot perekonomian dan merangsang berbagai sektor lainnya agar menggeliat dan mendatangkan keuntungan bagi negara. ***