Kerjasama Bilateral ASEAN Dengan Negara Mitranya Meningkat

Wednesday 27 Aug 2014, 8 : 40 pm
by

NAY PYI TAW-Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menegaskan kerja sama bilateral antara ASEAN dengan negara mitranya menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dalam kerangka kerja sama ACFTA, contohnya, kinerja total perdagangan bilateral antara ASEAN-Tiongkok mencapai USD 350,5 milliar, atau sebesar 14% dari total perdagangan ASEAN. “Jumlah ini meningkat 9,7% dibandingkan tahun sebelumnya,” tegas Lutfi di sela-sela dalam pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) di Nay Piy Taw, Myanmar Rabu (27/8).

Di tahun yang sama, ASEAN menerima arus investasi langsung asing (Foreign Direct Investment/FDI) dari Tiongkok mencapai USD 8,6 miliar atau 7,1% dari total FDI yang masuk ke negara-negara ASEAN. Jumlah ini meningkat sebesar 60,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam kerangka ini, para Menteri juga menyepakati target pencapaian transaksi perdagangan sebesar USD 500 miliar di akhir tahun 2015.

Adapun kinerja total perdagangan kerja sama ASEAN-Jepang yang merupakan mitra dagang ASEAN terbesar ke-3 setelah Tiongkok dan Uni Eropa, mencapai USD 240,9 milliar atau sebesar 9,6% dari total perdagangan di ASEAN. Total FDI dari Jepang ke ASEAN mencapai USD 22,9 milliar, dalam kerangka kerja sama ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership (AJCEP).

Sementara total kinerja perdagangan bilateral antara ASEAN dan Korea Selatan mengalami peningkatan dari USD 131 miliar pada tahun 2012 menjadi USD 135 miliar pada tahun 2013. Importasi ASEAN dari Korea Selatan pada periode yang sama meningkat sebesar 8,1% (YoY) menjadi USD 82,2 miliar, sedangkan ekspor ASEAN ke Korea Selatan mengalami penurunan sebesar 4% (YoY) menjadi USD 52,8 miliar. Namun demikian, arus FDI dari Korea ke ASEAN meningkat dua kali lipat dari USD 1,7 miliar pada tahun 2012 menjadi USD 3,5 miliar pada tahun 2013. Hal ini menempatkan Korea sebagai sumber investasi terbesar ke-5 di kawasan Asia Tenggara.

Untuk kinerja perdagangan di bawah kerangka kerja sama ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA) total nilai perdagangan ASEAN dengan Australia tahun 2013 sebesar USD 68 milliar. Pada tahun yang sama, ASEAN menerima lebih dari USD 2 milliar nilai FDI. Sedangkan ASEAN dengan Selandia Baru tahun lalu mencapai USD 9,8 milliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenkeu Jepang dan BI Sepakati MoU Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal

JAKARTA-Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso dan Gubernur Bank Indonesia, Perry

BKN Rilis 4 Larangan Bagi ASN Jelang Pilpres dan Pileg

JAKARTA-Menghadapi Pemilihan Umum Presiden, Wakil Presiden (Pilpres) dan Anggota Legislatif