Ketahui Berbagai Manfaat Asuransi Kesehatan Berikut untuk Kehidupan Anda

Ketahui Berbagai Manfaat Asuransi Kesehatan Berikut untuk Kehidupan Anda

0
BERBAGI
Children Playing in Sprinkler

Peran penting asuransi kini tak hanya menyangkut perlindungan dari sisi kesehatan saja, melainkan juga dari sisi finansial. Hal tersebut menyangkut soal mengamankan dana dana yang seharusnya untuk kebutuhan lain untuk tetap berjalan semestinya.

Katakanlah ketika Anda sakit parah, Anda harus segera di rawat di rumah sakit, kemudian Anda membutuhkan dana berpuluh-puluh juta untuk membayar rumah sakit, sementara Anda tak punya asuransi? Imbasnya tentu saja keuangan Anda akan terganggu. Memang, sejatinya kesehatan itu adalah nomor satu meskipun membayar begitu mahalnya, namun apakah Anda siap menanggung hutang setelahnya?

Nah, disamping hal tersebut, masih ada beberapa benefit yang bisa Anda dapatkan apabila memiliki asuransi. menurut portal asuransi cermati.com, asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat penting yang patut Anda pertimbangkan seperti :

Segala kebutuhan sewaktu pengobatan teratasi dengan baik

Asuransi kesehatan umumnya akan menanggung seluruh kelengkapan biaya untuk obat obatan, konsultasi dokter, tindakan medis, serta biaya rawat inap yang meliputi sewa kamar dan lain sebagainya. Jika Anda selama ini beranggapn asuransi kesehatan hanya menyediakan perlindungan rawat inap, Anda salah besar. Beberapa asuransi kesehatan juga telah menyediakan perlindungan berupa rawat jalan serta perawatan gigi, bahkan hingga persalinan.

Manfaat rawat inap

Siapa sih yang mau sakit? Tentunya tiap orang tidak mau bukan dirinya sakit bahkan hingga masuk rumah sakit dan memaksanya untuk di opname. Namun, jika memang kondisi badan sudah mulai drop dan tak tertolong dengan obat obatan biasa sebaiknya Anda memikirkan untuk mulai rawat inap. Salah satu basic dari asuransi kesehatan ini adalah layanan rawat inap yang meliputi pembiayaan sewa kamar, laboratorium, penunjang medis, biaya persalinan, hingga biaya biaya daruratemergency service. Jajaran perusahaan asuransi kesehatan swasta yang seperti Prudential, AIA, BNI Life, atau AXA Mandiri sudah memiliki banyak produk asuransi kesehatan rawat inap yang bisa dipilih oleh calon nasabah sesuai dengan kebutuhan.

Mendapatkan manfaat perawatan gigi

Salah satu fitur menarik dari asuransi kesehatan adalah adanya manfaat perawatan gigi. Biasanya perawatan gigi ini hanya disediakan oleh asuransi untuk 2x kunjungan dalam setahun, hal ini mengingat perawatan gigi yang idealnya memang setahun 2x. Perawatan yang biasanya dimasukkan dalam layanan dokter gigi adalah perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks hingga pemasangan gigi palsu.

Manfaat rawan jalan

Untuk jenis manfaat satu ini tak semua asuransi memberikan manfaat rawat jalan. Manfaat rawat jalan meliputi konsultasi dokter umum maupun spesialis, biaya tindak pencegahan, biaya penggunaan resep, hingga biaya alat bantu yang dianjurkan dokter.

Seperti sudah Kita singgung sebelumnya, setiap Asuransi memiliki program atau benefit yang berbeda beda. Begitupun dengan nilai pertanggungan dan nilai premi yang harus Anda bayar setiap bulannya. Semuanya tergantung dari program asuransi kesehatan yang Anda pilih.

Sistem Klaim atau penggantian asuransi kesehatan

Bicara soal asuransi, salah satu hal yang wajib Anda ketahui adalah perihal sistem klaim asuransi tersebut. Setidaknya terdapat dua jenis sistem klaim, yakni sistem penggantian (reimburstment) dan sistem provider (cashless).

Memilih Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui sistem klaim serta manfaar asuransi kesehatan, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih produk asuransi dengan cermat. Banyaknya produk asuransi di Indonesia sering kali membuat Kita hanya memikirkan satu sisi, yakni premi yang murah. Padahal premi yang murah belum tentu kualitas pelayanannya sebaik premi yang lebih mahal. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk memilih produk asuransi kesehatan :

Cari tahu track record perusahaan asuransi

Sebelum membeli produk dari perusahaan asuransi, cobalah untuk memastikan dulu apakah perusahaan asuransi tersebut cukup kredibel atau sering kali menerima ccomplain lantaran sistem klaimnya yang berbelit belit. Untuk mengetahui track record perusahaan asuransi tersebut Anda bisa mengaksesnya di internet maupun kantor cabang terdekat.

Bandingkan nilai premi

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pilih produk yang mampu memberikan jaminan dan manfaat yang Kita butuhkan. Lagi lagi jangan lihat dari nilai premi. Premi yang murah belum tentu memberikan manfaat yang banyak, begitupun sebaliknya.

Pelajari palayanan yang ditawarkan perusahaan asuransi

Langkah selanjutnya adalah memahami layanan apa saja yang ditawarkan pihak asuransi untuk Kita. Lihatlah dari sisi seberapa banyak Anda bisa mendapatkan keuntungan apabila menggunakan asuransi tersebut. Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda baca secara detail pasal pasal yang dicantumkan.

Jangan lihat nilai premi

Jika Anda berpikir premi yang besar memberikan fasilitas pertanggungan yang lengkap sayangnya tak semua asuransi seperti itu. Hindari berekspektasi yang terlalu tinggi. Beberapa asuransi terkadang memberikan premi yang tinggi karena masalah umur maupun masalah track record sakit yang pernah Anda derita. Namun memilik asuransi dengan premi yang murah pun bukan berarti lebih baik karena biasanya ada beberapa fasilitas yang sengaja dikurangi oleh perusahaan asuransi untuk mereduksi besaran premi.

Menjadi peserta program kolektif

Asuransi memiliki dua jenis kepemilikan, yakni individu dan kolektif. Biasanya asuransi jenis kolektif menawarkan premi yang jauh lebih murah dibandingkan premi individual. Biasanya pihak perusahaan lah yang akan menyediakan fasilitas ini untuk karyawannya. Namun jika kantor Anda tak menyediakan fasilitas ini, Anda dapat mengajukan asuransi kolektif dengan mengajak rekan rekan Anda.

Demikian lah beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang manfaat asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Tak ada salahnya mempunyai asuransi, selama itu lebih banyak menguntungkan untuk Kita. Dan yang lebih penting adalah, selalu perhitungkan biaya biaya tersebut sebelum mengajukan, sehingga keuangan Anda pun dapat berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!