Ketum Golkar Terpilih Pasti Direstui Penguasa

Monday 15 Feb 2016, 1 : 12 pm
sindownews.com

JAKARTA-Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syarif Hidayat menduga Aburizal Bakrie akan menyerahkan jabatannya kepada kader Partai Golkar yang mendapat restu penguasa. Alasannya Presiden Jokowi tak mungkin mengambil alih langsung. “Artinya siapapun ketua umum Partai Golkar yang terpilih nanti pastinya adalah kader Aburizal di Golkar yang direstui penguasa,” katanya di Jakarta, Senin (15/2).

Menurut Syarif, penyerahan kepada Jokowi hanya merupakan simbol saja. Padahal Aburizal berharap JK bisa mengatasi konflik. Namun kenyataannya jauh panggang dari api. Karena JK justru cenderung berpihak pada kubu Agung.

Partai Golkar, kata Syarif, memang tidak memilik pilihan untuk tidak masuk dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Namun kalau masuk langsung melalui Jokowi, maka posisi Aburizal memiliki daya tawar ketimbang melalui JK. “Kalau Golkar masuk melalui JK, maka kubu Aburizal bisa tak dapat kursi kekuasaan,” tambahnya.

Disisi lain, lanjut Syarif, kalau melalui JK, maka Aburizal akan rugi. Karena harus berhadapan dengan JK yang juga konglomerat dalam menguasai sumber-sumber ekonomi. “Aburizal bisa jadi tidak mendapatkan apa-apa,” ucapnya.

Lebih jauh kata Syatif, Jokowi sadar dengan mengambil alih Partai Golkar, maka itu bisa mengamankan dirinya dalam menjalankan roda pemerintahan. “Langkah ini juga untuk mempersiapkan perahu lain, jika ternyata PDIP tidak mau mendukungnya lagi maju pada periode kedua,” imbuhnya. **aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Raiz Invest

Investasikan Uang Receh untuk Membangun Kebiasaan Berinvestasi

JAKARTA – Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, investasi sering disalahpahami sebagai

Tarawih di Tegal, Presiden Harapkan Santri Berahlak Baik

TEGAL-Presiden Joko Widodo  menegaskan pasar bebas Asia Tenggara dalam konsep