Keyakinan Konsumen Kembali Menguat

Wednesday 4 Jun 2014, 5 : 09 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2014 menunjukkan keyakinan konsumen yang kembali menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2014 tercatat 116,9, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 113,9.

Keterangan tertulis Divisi Statistik Sektor Riil, Group Statistik Domestik, Departemen Statistik​​ BI menyebutkan peningkatan tersebut didorong oleh menguatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi 6 bulan mendatang. Secara tahunan, IKK Mei 2014 juga lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (112,8).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan kenaikan harga masih berlanjut pada 3 bulan mendatang pasca bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri (Agustus 2014). Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (November 2014) diperkirakan juga masih tinggi didorong oleh kekhawatiran terhadap ketersediaan pasokan barang konsumsi dan penurunan subsidi Pemerintah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sekdaprov Minta DP Korpri Sinkronkan Laporan Tahunan

SURABAYA-Sekretaris Daerah Provinsi Jatim H. Akhmad Sukardi meminta Dewan Pengurus

5 Langkah BI Meningkatkan Pasokan Valas

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menempuh beberapa langkah lanjutan dalam rangka menjaga