Kisah Dibalik Devosi Kebangsaan ‘Maria’ Bunda Segala Suku

Thursday 31 May 2018, 5 : 02 pm
by
Uskup Agung Jakarta, Mgr. I. Suharyo Pr (kiri), Lukisan “Maria Bunda Segala Suku” dan Gregorius Gomas Harun

Secara keseluruhan, Maria – Bunda Segala Suku menggambarkan Bunda Maria sebagai penerang yang dapat menyatukan semua perbedaan antar suku bangsa.

“Meski tidak nampak semua suku secara detil dan menyeluruh dalam lukisan ini, namun lukisan ini secara filosofis dan budaya ingin menjelaskan Maria adalah Bunda segala suku. Berapa besar Indonesia? Jika ditarik garis diagonal dari Sabang ke Merauke, itu sama saja dengan garis diagonal dari London Ke Ankara. Sepanjang garis diagonal itu, Indonesia memiliki 17.499 pulau, terdiri dari 1.340 suku bangsa dan memiliki 740 bahasa daerah yang aktif,” urai Gomas lebih lanjut.

Dengan kekayaan yang luar biasa seperti ini, pria kelahiran Jakarta ini mengatakan, Indonesia menghadapi tantangan utama yakni persatuan sebagai bangsa dengan berbagai latar belakangnya termasuk agama, suku, ras dan budaya. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian para pendiri negara memilih Bhinneka Tunggal Ika menjadi motto Bangsa Indonesia. Oleh karena itu kehadiran Maria sebagai Bunda Segala Suku untuk mengingatkan bangsa Indonesia bahwa Indonesia merupakan anugerah bagi seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia dan harus dirawat dijaga persatuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Wali Kota Dan Kepala BPN Bagikan 2000 Sertifikat PTSL Warga Pondok Gede

BEKASI-Dalam Hari Agraria Tahun 2020, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor

Dubes Vatikan: Wartawan Harus Dorong Persatuan Atasi Covid-19

ROMA-Dunia termasuk Indonesia tengah menghadapi cobaan yang sangat berat yakni,